Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android

Smartphone atau ponsel pintar terutama yang berbasis sistem operasi Android tergolong sebagai perangkat yang sangat populer di jaman modern ini karena perangkat tersebut telah bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Selain digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, smartphone Android juga bisa digunakan untuk hal yang lainnya mulai dari sebagai sarana hiburan hingga untuk meningkatkan produktivitas sehingga membuat smartphone Android sangat memudahkan aktivitas keseharian.

Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang ada pada smartphone Android juga terus mengalami perkembangan seperti misalnya layar yang luas dengan resolusi tinggi, RAM berkapasitas besar, prosesor berkecepatan tinggi, ruang penyimpanan yang luas, dan sebagainya. Semua itu tentu akan memudahkan Anda dalam beraktivitas melalui smartphone, akan tetapi masih banyak pengguna Android yang masih belum bisa mengoptimalkan fungsi dari perangkat kesayangannya tersebut, berikut ini akan kami berikan tips yang harus diketahui oleh pengguna Android.

Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android

1. Mengambil Screenshot Tanpa Menekan Tombol

Tips pertama yang harus diketahui oleh para pengguna smartphone Android adalah mengambil screenshot tanpa menekan tombol. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa mengambil screenshot pada smartphone Android biasanya dilakukan dengan menekan kombinasi tombol power serta tombol volume atas dan bawah secara bersamaan. Namun saat ini Anda sudah bisa mengambil screenshot tanpa harus menekan kombinasi tombol, yakni dengan menggunakan aplikasi Screenshot Crop & Share.

2. Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone Android sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam file penting yang sifatnya pribadi. Untuk itulah maka Anda merasa perlu untuk menyembunyikan file tersebut agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Menyembunyikan file di smartphone Android memang bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun Anda juga bisa menyembunyikan file tanpa aplikasi yakni dengan menggunakan fitur guest mode yang tersedia di Android Lollipop.

3. Menjadi Developer

Hal lainnya yang juga harus Anda ketahui sebagai pengguna Android adalah pihak Google telah menyediakan akses apabila Anda ingin bertindak sebagai developer. Hal yang satu ini masih belum diketahui oleh banyak orang di mana pada umumnya mereka hanya bertindak sebagai pengguna saja. Tentu saja Anda akan memiliki banyak keunggulan dengan bertindak sebagai developer, Anda bisa mengaksesnya dengan cara yang sangat mudah yakni masuk ke developer option pada menu pengaturan.

4. Mempercepat Android Yang Mengalami Lag

Seperti yang Anda ketahui bahwa smartphone Android terkadang mengalami berbagai macam masalah, salah satunya adalah lag yang mana akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat sehingga sangatlah mengganggu. Pada umumnya sebagian pengguna Android mengatasi masalah lag dengan cara melakukan root, namun ternyata ada cara lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan masuk ke menu developer option, kemudian mengatur angka animation scale-nya.

5. Mengandalkan Google

Salah satu keunggulan dari smartphone yang berbasis Android adalah dukungan penuh dari Google, hal ini tentu saja tidaklah mengherankan sebab Android sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Sebagai pengguna smartphone Android, Anda akan lebih maksimal dalam mengandalkan Google untuk melakukan berbagai macam hal di mana Google telah mengembangkan berbagai macam aplikasi untuk Android mulai dari Gmail, Youtube, Google Play, hingga Chrome.

6. Ketahui Apa Yang Anda Instal

Smartphone Android saat ini sangatlah populer karena memiliki berbagai macam kelebihan, salah satunya adalah ketersediaan aplikasi yang sangat banyak. Pihak Google sendiri memang menganjurkan para pengguna perangkat Android untuk menginstal aplikasi ataupun game hanya dari Google Play Store demi alasan keamanan. Anda memang bisa menginstal aplikasi dari sumber lain, namun hendaknya Anda memeriksa terlebih dahulu karena bisa saja aplikasi tersebut disusupi oleh virus.

7. Menentukan Aplikasi Default

Hal berikutnya yang juga harus diketahui oleh para pengguna Android adalah Anda diberi kebebasan untuk menentukan aplikasi default. Smartphone bersistem operasi Android memang memiliki ketersediaan aplikasi yang sangat banyak sehingga tidak menutup kemungkinan Anda menginstal beberapa aplikasi dengan fungsi yang sama. Jika hal ini terjadi, Anda sebagai pengguna Android diberi kebebasan untuk menentukan salah satu aplikasi dengan fungsi yang sama sebagai aplikasi default.

8. Gunakan Fitur Battery Saver

Salah satu masalah yang sangat sering dikeluhkan oleh para pengguna smartphone Android adalah baterainya yang sangat boros, terlebih lagi apabila Anda sering menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi yang berat secara terus menerus. Namun perlu Anda ketahui bahwa smartphone Android telah dilengkapi dengan fitur battery saver yang mana sesuai dengan namanya, fitur ini akan menghemat penggunaan baterai dengan cara menonaktifkan beberapa fitur yang ada.

9. Memantau Penggunaan Data

Saat ini setiap smartphone Android memang telah terkoneksi dengan internet sehingga memudahkan para penggunanya untuk melakukan berbagai macam hal mulai dari browsing, bermain game online, hingga melakukan streaming. Akan tetapi aktivitas tersebut tentu saja akan sangat menguras pemakaian data sehingga menjadi boros, oleh karena itulah sebaiknya Anda selalu memantau penggunaan data sehingga Anda bisa membatasi aktivitas yang dinilai mengkonsumsi banyak kuota data.

10. Disable Aplikasi Bloatware

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone Android hadir dengan berbagai macam aplikasi bawaan atau yang sering disebut dengan istilah bloatware, namun sayangnya Anda tidak bisa menghapus aplikasi bawaan yang jarang digunakan sehingga aplikasi-aplikasi tersebut akan membebani kinerja sistem. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan mendisable aplikasi bawaan yang jarang Anda gunakan sehingga tidak memberatkan sistem.

11. Akses Cepat ke Menu Pengaturan

Para pengguna smartphone berbasis Android akan bisa mengatur berbagai setingan yang ada pada smartphone melalui menu pengaturan utama. Untuk bisa mengaksesnya, tentu saja Anda harus masuk ke menu pengaturan utama, namun saat ini setiap smartphone Android telah dilengkapi dengan panel khusus untuk menampilkan notifikasi, panel notifikasi ini juga berisi berbagai macam menu pengaturan yang sering digunakan mulai dari kecerahan layar hingga mode terbang.

12. Menggunakan Tombol Recent Apps

Perlu Anda ketahui bahwa smartphone Android telah dirancang untuk melakukan multitasking di mana Anda akan bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu yang mana hal ini tentu saja akan sangat memudahkan Anda dalam beraktivitas. Untuk mempercepat waktu, Anda bisa menggunakan tombol recent apps untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang sedang Anda buka sehingga sangatlah praktis.

13. Kustomisasi Tampilan Android

Salah satu kelebihan yang membuat smartphone berbasis Android sangatlah populer adalah karena perangkat yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan kustomisasi tampilan. Ya, para pengguna Android memang diberi kebebasan untuk mengkustomisasi atau mengubah tampilannya agar tidak bosan, Anda bisa melakukannya dengan menginstal aplikasi launcher yang ada di Play Store. Smartphone Android memang hadir dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya sehingga Anda seharusnya bisa mengoptimalkan perangkat ters

Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android | Bayu ajie | 4.5