Tips Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua

Berbeda dengan anak muda, orang tua kebanyakan merasa gaptek jika harus menggunakan smartphone android. Padahal untuk memudahkan komunikasi dan berbagai kebutuhan lainnya, penggunaan smartphone sangat penting. Agar orang tua tetap leluasa menggunakan ponsel android tanpa kesulitan, kita bisa melakukan pengaturan yang bisa memudahkannya. Pengaturan tersebut bisa dari tampilan, keyboard, fitur aksesibilitas, dll agar mudah digunakan para pemula.

Tips Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua

Kebanyakan kesulitan orang tua dalam menggunakan ponsel android karena tampilan keyboardnya yang bersifat digital. Selain itu, kebiasaan menggunakan ponsel monoponik juga membuat mereka kesulitan menggunakan android yang notabene memiliki tampilan yang berbeda. Jika anda ingin memberikan orang tua smartphone android baru, cobalah setting terlebih dulu segala sesuatunya. Berikut tips setting android selengkapnya yang memudahkan orang tua.


Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua

1. Atur keyboard

Atur keyboard agar semudah mungkin digunakan orang tua. Baiknya jangan sertakan auto teks karena fitur tersebut sulit dikenali orang tua. Ubah ukuran keyboard menjad lebih besar. Pilih tema yang jelas dengan pengaturan tombil semudah mungkin. Jangan gunakan aplikasi keyboard yang aneh-aneh karena akan membuat pengoperasian lebih sulit. Anda bisa menggunakan Swiftkey untuk memudahkan pengaturan ukuran papan ketik dan operasionalnya.

2. Gunakan fitur aksesibilitas

Aksesibilitas akan mempermudah penggunaan android. Di setting ini, anda bisa mengatur fitur sesuai kebutuhan. Misalnya dengan mengaktifkan mode pembesaran. Mode pembesaran ini akan memperbesar tampilan layar dengan menekannya sebanyak tiga kali. Atau bisa dengan gestur jari untuk memperbesar layar. Pastikan setiap settingnya dibuat otomatis agar orang tua makin mudah dalam mengoperasikan android.

3. Atur akun Gmail

Akun Gmail berfungsi sebagai identifikasi di ponsel anda. Akun tersebut harus selalu diingat sampai passwordnya. Sayangnya orang tua kurang telaten dalam mengurus akun email beserta passwordnya. Sebaiknya simpan password di aplikasi tertentu atau catatan anda. Anda juga bisa menaruh email anda sebagai alternatif atau pemulihan. Jika suatu saat terlupa, ponsel orang tua pun cepat dipulihkan dengan adanya email pemulihan dari anda.

Baca juga  Tips Menghemat Baterai Smartphone Lenovo Agar Awet

4. Atur kontak

Atur agar kontak tersinkronisasi dengan Gmail. Kontak baru akan tersimpan secara otomatis di cloud. Sinkronisasi ini bermanfaat agar kontak tetap tersedia jika suatu saat ponsel rusak atau mengalami hal tertentu. Anda bisa memasang kontak orang terdekat sebagai favorit. Tujuannya agar orang tua bisa lebih mudah mengakses nomor yang sering dihubungi.

5. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Orang tua kebanyakan menggunakan ponsel untuk telfon dan SMS saja. Mungkin sebagian sudah bisa menggunakan aplikasi chat. Penggunaan standar ini membuat aplikasi lain seperti game, berita, hingga sosial media tidak diperlukan. ada baiknya uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan agar tidak membingungkan mereka. Tanpa banyak aplikasi, ponsel pun lebih cepat kinerjanya.

Demikian beberapa tips setting android agar mudah digunakan bagi orang tua. Semoga bermanfaat.

Tips Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua | embul | 4.5