Review Vivo V5, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Membeli

Berasal dari Tiongkok, Vivo hadir menggebrak pasar smartphone Indonesia yang tidak pernah sepi peminat. Setiap saat selalu ada yang mencari smartphone keluaran terbaru dengan fitur yang lebih baik. Vivo, sebuah brand smartphone yang telah berhasil menaklukkan pasar di Negeri sendiri, kini mencoba untuk menundukkan pasar smartphone Indonesia, walaupun pemerintah telah menetapkan TKDN sebesar 30 % pada tahun 2017, namun hal ini tidak menyurutkan langkah Vivo untuk memasarkan produknya di Indonesia. Apalagi mereka yakin, dengan smartphone berkualitas tinggi, fitur yang lengkap serta harga yang terjangkau, dapat membuat konsumen smartphone Indonesia beralih pada produk-produk smartphone produksi mereka.

Review Vivo V5, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Membeli

Dari beberapa jenis smartphone Vivo yang telah rilis di Indonesia, kali ini kita akan me-Review Vivo V5 yang baru saja launcing. Sebelum me-Review berbagai fitur Vivo V5 yang ada, mari kita Review Spesifikasi Vivo V5 berikut. Vivo V5 menyediakan Layar berupa IPS 5,5 inci, HD 1280×720 pixel, dengan jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE Chipset : Mediatek MT6750 CPU : Octa Core 1.5 GHz Cortex A53 GPU: Mali-T860MP2. Dilengkapi dengan memori: 4GB RAM + 32GB memori internal (support micro SD). Untuk kamera utama, menawarkan resolusi 13 Mega Pixel pada bagian belakang disertai dengan autofocus, LED flash, sedangkan kamera depan memiliki resolusi yang lebih besar yaitu 20 megapiksel f/2.0, softlight. Kapasitas baterai: 3000mAh non-removable, juga bisa menggunakan SIM dalam bentuk Dual Hybrid simcard slot OS : FuntouchOS 2.6 (Android 6.0 Marshmallow), namun,  harga yang ditawarkan cukup mahal, yaitu sekitar Rp3.499.000,-.

Setelah kita mengetahui apa saja spesifikasi dari Vivo V5, mari sekarang kita Review Vivo V5 dari berbagai sisi, seperti design, performa, dan sebagainya.

  1. Design Vivo V5

Pengembang Vivo merancang Vivo V5 dengan panjang 153,8 mm dan lebar 75,5 mm. Tingkat ketipisannya 7,6 mm. Pada bagian belakangnya, Vivo V5 menggunakan plastik sebagai material utama yang dipadukan dengan warna menyerupai logam. Dengan perpaduan plastik dan warna ini, akan membuat anda tertipu pada pandangan pertama dengan mengira bahwa material dari bagian belakang Vivo V5 ini adalah logam, padahal itu hanyalah plastik. Pintar juga vendor Vivo V5 ini dalam mensiasati produknya.

Ketika anda mengamati Vivo V5 dengan lebih jeli, akan terlihat bahwa Vivo V5 seperti bersaudara dengan Oppo f1s dari rancangan desingnya yang hampir serupa. Tetapi karena penggunaan plastik sebagai material utama pada bagian belakangnya, Vivo V5 menjadi salah satu smartphone berukuran besar yang cukup ringan, yaitu hanya seberat 154 gram. Dengan kondisi smartphone yang ringan ini, ditambah penggunaan material plastik, Vivo V5 cukup licin saat digunakan dan rentan jatuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda melengkapi smartphone pilihan anda ini dengan body tambahan yang mampu melindunginya saat terjadi benturan. Walaupun begitu, jangan menganggap remeh Vivo V5, karena dari segi design yang elegan, menarik, dan nyaman digunakan, Vivo V5 tetap mampu bersaing dengan smartphone lain yang memilih menggunakan fullmetal untuk material body smartphone mereka.

  1. Display, Layar atay Screen

Di sinilah nampak sedikit kekurangan dari Vivo V5, saat smartphone lainnya telah menggunakan layar Full HD, Vivo V5 masih setia dengan layar HD dengan resolusi 720 x 1280 pixels, dan kepadatan 267 ppi. Namun ukuran layarnya tergolong besar, yaitu 5.5 inci, screen body ber-ratio 71.8 % yang dapat diartikan bahwa kaca layar hampir 72 % dari arah depan. Tetapi sepertinya pihak Vendor pintar mensiasati kekurangan dari layar Vivo V5 ini, mereka langsung menambahkan pelindung berupa Corning Gorilla Glass yang menjaga layar smartphone anda dari goresan-goresan saat terjadinya benturan. Selain itu, anda tidak perlu khawatir dengan warna yang dihasilkan oleh ponsel pintar ini, walaupun masih menggunakan HD, ketajaman serta kejernihan warna yang dihasilkan tetaplah dapat memukau anda, juga saat berada di bawah sinar matahari, anda tetap bisa melihat layar ponsel anda dengan jelas, karena pencahayaan yang bagus dari Ponsel Vivo Keren ini.

Sebenarnya, penggunaan layar HD bukanlah tanpa alasan, Vivo V5 menggunakan processor Mediatek MT6750 yang hanya bisa mendukung untuk layar HD saja, tetapi melihat kelebihan lainnya, satu kekurangan dari Vivo V5 ini tentu tidak akan terlalu mengganggu anda.

Satu lagi kelebihan dari layar Vivo V5 ini, yaitu sudah dilengkapi dengan fitur eye Protection Mode. Dengan fitur ini, mata anda akan terhindar dari radiasi cahaya biru yang ada pada ponsel, dan bisa membahayakan kesehatan mata anda, terlebih saat anda menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang relatif lama dan saat berapa di ruangan yang minim cahaya. Fitur ini dapat anda aktifkan ketika membaca e-book, menonton film yang berdurasi lama, atau pada saat malam hari.

  1. Spesifikasi dari Vivo V5

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Vivo V5 melengkapi dirinya dengan berbagai spesifikasi yang tidak kalah dengan smartphone di kelasnya, kamera yang bagus terutama untuk kamera depan, baterai non removable berkapasitas 3000 mAh, mampu menampung memory eksternal dan internal hingga 256 GB, serta kapasitas RAM yang besar, sehingga anda tidak perlu khawatir Vivo V5 akan menurun performanya ketika anda menambahkan beberapa aplikasi lain.

Sedangkan untuk software, Vivo V5 menggunakan sistem Android 6.0 Marsmellow dan UI yang memanfaatkan sistem Funtouch OS 2.6. Dengan perpaduan software dan hardware yang unik ini, smartphone anda tidak akan mengalami kendala berarti saat melakukan multitasking, seperti bermain game sambil mengedit video.

Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Vivo V5 ini ternyata tidak menyurutkan keinginan pengembangnya untuk semakin melengkapi Vivo V5 dengan fitur lain, seperti iManager app yang dapat anda gunakan untuk mengontrol pemakaian baterai, dengan aplikasi ini anda bisa mematikan beberapa aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan.

Satu hal yang perlu diulas secara lebih rinci, yaitu mengenai kamera yang terpasang pada Vivo V5 ini. Vivo V5 diciptakan untuk para penggemar selfi, sehingga resolusi kamera depan lebih bagus daripada kamera belakang. Kamera depan memiliki resolusi hingga 20 Mega Pixel, dengan sensor size hingga 1080 p. Sedangkan kamera belakang hanya 13 Mega Pixel, juga dilengkapi dengan phase detection, autofocus, LED flash, Geo-tangging, Touch focus, face detection, HDR, panorama, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Selain unggul dengan kamera selfienya, Vivo V5 juga mempunyai keunggulan lain dari segi audio, dengan memanfaatkan fitur Hi-Fi yang menjadi ciri khas brand Vivo, Vivo V5 mampu menghasilkan audio yang bagus berkat chip audio AK4376 dengan kekuatan audio hingga 115 dB.

Berdasarkan ulasan di atas, dapat kita ketahui, bahwa Vivo V5 memiliki beberapa kelebihan di bandingkan smartphone lainnya, seperti daya tahan baterai yang kuat, performa ponsel yang hebat, kamera depan dengan hasil yang menakjubkan, layar smartphone yang smooth, serta design yang tipis dan nyaman digunakan. Selain itu, juga ada beberapa kekurangan dari Vivo V5 ini, seperti masih menggunakan material plastik, User interface yang belum sempurna, serta kamera belakang yang kurang baik. Demikianlah sedikit Review Vivo V5, anda dapat menjadikan ini sebagai referensi saat ingin membeli Vivo V5, perhatikan spesifikasi yang ada, serta pertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangan dari ponsel idaman anda.

Review Vivo V5, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Membeli | embul | 4.5