Review OPPO A71 (2018), Upgrade dari OPPO A71 Original dengan Harga Sama

Pada September 2017 lalu pabrikan smartphone yang memiliki kantor pusat berlokasi di kota Dongguan Provinsi Guangdong Cina, OPPO, dengan bangga memperkenalkan ponsel pintar terbarunya, OPPO A71. Ponsel pintar tersebut berdaya jual pada fungsi kamera sebagaimana kesan yang dibangun oleh pabrikan OPPO, Selfie Expert. Dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni di kala itu, membuat ponsel ini laku keras di pasaran dan digandrungi para remaja, terlebih remaja putri untuk ber-selfie ria.

Review OPPO A71 2018

Tak puas dengan A71 yang dirilis kala itu, kini OPPO menghadirkan versi ‘Evolusi’ yang benar-benar ‘Baru’ dari pendahulunya tersebut. Sebuah transformasi yang dilakukan dengan mengupgrade beberapa fungsi dari A71, yakni OPPO A71 (2018) yang dirilis sejak Februari 2018 lalu. Evolusi yang kami maksud adalah penggantian sistem dan dapur pacu yang dibekalkan kepada generasi baru OPPO A71 (2018). Perubahan ini sangat masuk akal mengingat era sekarang ini sangat memerlukan mobilitas tinggi yang didukung dengan penggunaan ponsel pintar yang tanpa lag. Semakin tinggi performa smartphone, maka semakin efektif untuk dijadikan teman dalam kegiatan sehari-hari.

Dilabeli dengan nama yang benar-benar sama ( kecuali pada bagian tahun) mungkin sedikit mengurangi daya pikat yang membuat penasaran konsumennya. Seperti kita tahu bahwa konsumen selalu menunggu hal-hal baru dan cenderung mengagumi hal baru tersebut. Namun apalah arti nama? Untuk itu kita perlu sedikit mengintip apa saja ‘yang Baru’ yag ditawarkan OPPO A71 (2018) ini. Tanpa menunggu lagi, berikut ini ulasan mengenai Review OPPO A71 2018:

Performa dan Kecepatan

OPPO A71 (2018) saat ini dibanderol dengan harga Rp 2.3 juta yang relatif sama dengan pendahulunya ketika awal diperkenalkan. Di dalamnya disematkan chipset Qualcomm jenis Snapdragon 450, CPU berkecepatan 1.8 GHz Cortex-A53 dengan delapan inti, dan perender grafis atau GPU dibekali dengan Adreno 506. Melihat ‘bekal’ yang disematkan dalam ponsel pintar ini, mungkin bisa kita prediksi ponsel ini akan banyak digandrungi konsumen-konsumen yang mencari kelancaran dalam beraktifitas menggunakan ponsel pintarnya. Terutama para maniak game yang saat ini sedang hits, Mobile Legends.

Dari spesifikasi di atas kertas, kita bisa langsung dapat menyimpulkan bahwa ponsel pintar ini akan terasa lebih ‘Gahar’ dibanding pendahulunya. OPPO A71 yang diluncurkan di pasaran sebelumnya hanya berbekal chipset Mediatek dengan kecepatan proses 1.5 GHz dengan 4 inti, dan 1.0 GHz untuk 4 inti sisanya. Sektor grafis OPPO A71 2017 hanya dibekali dengan Mali-T860MP2.

Apalagi seperti kita ketahui bahwa OPPO A71 (2018) dijual dengan harga yang sama seperti ketika pendahulunya diluncurkan. Tentu saja konsumen tidak akan menunggu lebih lama lagi demi meminang ponsel pintar besutan OPPO yang satu ini. Dengan harga yang sama namun bisa mendapatkan kualitas di atasnya. Konsumen mana yang bisa menolak?!

Memori dan Penyimpanan

Tak cukup dengan penambahan performa, OPPO menambahkan kapasitas RAM yang ada pada OPPO A71 (2018). Ponsel pintar ini dibekali dengan RAM 3 GB yang akan sangat mendukung fitur multitaskingnya. Anda akan bisa membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa harus kehilangan proses pada aplikasi sebelumnya, dan tanpa lag, tentunya selama aplikasi tersebut belum ditutup. Namun tetap ada versi lain yang hanya dijejali RAM 2 GB, tentu saja dengan harga yang lebih murah. Mengingat bahwa pada smartphone kekinian ukuran RAM 2 GB sudah terbilang biasa saja.

pada sektor penyimpanan internal handphone ini dipasangi kapasitas penyimpanan 16 GB yang cukup luas. Meski sedikit disayangkan sebab vendor lain yang sekelas menawarkan ponsel dengan penyimpanan yang dua kali lipat leih besar dengan rentang harga yang sama.

Namun pengguna tidak perlu khawatir, OPPO A71 (2018) ini telah disediakan microSD dedicated slot. Tentunya anda paham bukan? Slot ini akan bisa anda isi dengan tetap dapat mengaktifkan kedua SIM card. Dan kapasitas yang mampu diterima slot ini adalah hingga 256 GB. Ruang sebesar ini tentu saja akan cukup lega. Apalagi bagi anda yang maniak berpotret ria, atau mungkin bagi anda gamer yang senang memainkan game-game besar.

Kamera

Nah sampailah kita pada bagian yang ditunggu-tunggu.

Mendengar merk OPPO, tentu kita akan membayangkan kamera ponsel dengan hasil jepretan yang menawan. Mengingat pabrikan OPPO memberikan kesan bahwa merekalah spesialis camera phone.

Dibekali dengan sensor kamera yang sama dengan pendahulunya, OPPO A71 (2018) dibekali kamera belakang yang bersensor 13 MP dan kamera depan 5 MP. OPPO A71 (2018) disematkan teknologi cerdas A.I Beauty Recognition di kamera belakangnya yang akan memindai 254 titik pada wajah anda, untuk mendeteksi ekspresi, usia, warna kulit, jenis kulit, dan jenis kelamin. Menarik? Mari kita lanjutkan.

Kamera utama OPPO A71, seperti halnya kamera depannya, memiliki keunggulan tersendiri untuk membuktikan vendor OPPO adalah yang terbaik dikelasnya dalam segi kamera. ponsel pintar ini disematkan fitur Multi-Frame Denoising Technology pada kameranya yang, seperti namanya, berfungsi untuk mengurangi timbulnya noise, saat foto di tempat yang kurang cahaya.

Selain itu, ponsel pintar ini dibekali fitur Ultra HD yang dapat menggabungkan beberapa foto untuk menghasilkan foto yang setara kamera 50 MP. Ini akan menutupi keterbatasan sensor yang ada pada OPPO A71 (2018) yang hanya 13 MP.

Jika anda menginginkan ponsel dengan hasil kamera yang indah, tentu saja anda dapat memasukkan OPPO A71 (2018) ini kedalam list pembelian anda.

Body dan Desain

Dilihat dari sisi manapun, OPPO A71 (2018) tampak sama dengan pendahulunya yakni OPPO A71 yang Original. Bagian depan tertutup kaca layar dan pada bagian belakang ponsel besutan OPPO ini  masih menggunakan logam sebagaimana pendahulunya, dengan desain simpel unibody.

Tampak depan pada bagian atas disematkan kamera, spiker telepon dan sensor proximity yang berguna untuk mematikan layar secara otomatis ketika sedang menelepon. Di bagian depan bawah berjejer tombol navigasi tiga buah dengan sentuh kapasitif.

Pada body bagian belakang, OPPO A71 (2018) menyematkan kamera beresolusi 13 MP di ujung kiri ponsel. Disebelah kamera tersebut diletakkan lampu flash LED untuk mendukung pencahayaan pemutihan. Sedikit kebawah dari posisi kamera, terdapat logo OPPO dengan desain yang seperti biasa.

Baterai dan OS

OPPO A71 (2018) menggunakan baterai non-removable atau baterai tanam yang berkapasitas 3000 mAh dan berjalan dengan ColorOS 3.2 berbasis Android 7.0 Nougat. Pihak OPPO mengklaim bahwa ponsel pintar ini dapat bertahan sehari penuh tanpa charger.

Hal ini bisa dipastikan, karena ponsel pintar ini menggunakan prosesor fabrikasi 14 nm. Yang mana ini akan memberikan daya tahan baterai lebih lama. Didukung pula dengan penggunaan ColorOS 3.2 yang juga meminimalisasi penggunaan baterai berlebih.

Dengan ini anda tidak perlu khawatir lagi waktu selfie anda sedikit, karena dengan daya tahan baterai yang mumpuni anda mendapatkan waktu memotret ataupun bermain game dan aktifitas sehari-hari tanpa terbebani kebutuhan akan charger.

OS yang diusung OPPO A71 (2018) dibekali fitur-fitur unik sebagaimana rata-rata pengguna Android Nougat. Sebutlah fitur split-screen yang dapat membuka dua aplikasi dalam layar satu, fitur Kid Space yang mengontrol penggunaan anak kecil, Payment Protection untuk melindungi transaksi anda, dan yang tak kalah keren adalah fitur Game Acceleration yang mempercepat kinerja ponsel pintar anda dalam memproses game-game berat.

Namun yang disayangkan dari OPPO A71 (2018) adalah tidak adanya fitur sensor sidik jari. Namun tetap ada sensor lain yang bisa kita nikmati seperti sensor Accelerometer, proximity dan compass.

Review OPPO A71 (2018), Upgrade dari OPPO A71 Original dengan Harga Sama | embul | 4.5