Review iPhone X Indonesia: Mewah Dalam Genggaman

Perangkat iPhone besutan perusahaan kelas wahid dunia, Apple, pertama kali diperkenalkan di tahun 2007. Beragam pembaruan dan peningkatan fitur terus diberikan sebagai evolusi iPhone dari tahun ke tahun. Dan terhitung 2017 lalu, Apple merayakan pencapaian selama 10 tahun memasarkan iPhone dengan merilis varian terbaru iPhone X dengan tagline ‘The Future is Here’ yang artinya Masa Depan Ada Di Sini. Nah, buat kamu yang berencana ingin membeli iPhone X, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu Review IPhone X di bawah ini.

Ukuran, dimensi dan Layar

Review iPhone X Indonesia Mewah Dalam Genggaman

Produk iPhone sendiri selalu berkembang dari tahun ke tahun menyesuaikan dengan kebutuhan dan animo pasar. Saat pertama kali rilis, iPhone 2G hanya mengusung ukuran diagonal layar 3.5 inci di saat berbagai jenis PDA punya layar yang lebih kecil dan harus menggunakan stylus. Inovasi terdepan terus dikembangkan oleh Appale sampai pada akhirnya iPhone 4 hadir dengan fitur Retina Display, disusul iPhone 6 Plus dengan layarnya sebesar 5.5 inci dan seterusnya. Kini di produk terbarunya, iPhone X, Apple mengusung layar 5.8 inci yang membentang pada bodi yang jauh lebih kecil bila dibandingkan iPhone seri Plus. Tidak hanya itu, Apple juga telah melakukan upgrade pada kualitas layar yang digunakan iPhone X yaitu Super Retina HD display yang diracik dari bahan OLED pada resolusi 2436 x 1125 piksel yang dinilai dapat menghadirkan kualitas gambar hingga 2 kali lebih tajam dari layar komputer kebanyakan.

Secara dimensi, iPhone X memiliki ukuran yang mendekati iPhone 8. Namun layarnya tampak jauh lebih besar karena hilangnya bezel di 4 sisinya dan absennya Home Button. Kamu bisa dengan nyaman melakukan aktivitas seperti menonton video, main games hingga membaca artikel dengan barisan teks atau gambar yang memanjang ke bawah.

Material Iphone X terbuat dari material kaca pada sisi depan maupun belakang iPhone X, hal ini dilakukan untuk membuatnya terlihat sangat mewah. Selain itu, Apple menyematkan bahan stainless steel pada bagian rangka samping dengan balutan warna yang menyesuaikan bodi, yakni warna gelap pada iPhone X Space Gray dan balutan warna krom untuk iPhone X Silver.

Performa

Sama seperti iPhone 8 Plus, Apple menanamkan chip A11 Bionic six-core sebagai inti dapur pacu pada iPhone X, dari sektor RAM IPhone X sendiri dibekali dengan RAM sebesar 3 GB.

Pada sektor grafis, Apple menyematkan GPU produksi mereka sendiri. GPU pertama yang dilengkapi 3 core tersebut diyakini memiliki performa hingga 30% lebih cepat dibandingkan GPU yang ada pada A10 Fusion.

Dengan hadirnya teknologi prosesor dan grafis yang mumpuni tersebut, game paling berat sekalipun dapat berjalan dengan baik dibarengi dengan tampilan grafis yang ajib. Game dengan teknologi berbasis augmented reality (AR) juga dapat berjalan dengan lancar di iPhone X. Tidak hanya itu, proses multitasking juga tidak ada hambatan, semua berjalan dengan mulus dan stabil.

Absennya Tombol Home dan Hadirnya Beragam Gesture Baru

Apple benar-benar serius dalam hal hardware pada seri iPhone. Bagaimana tidak, jika tahun lalu jack audio dimusnahkan demi mendapatkan perangkat yang tahan air, maka tahun ini giliran tombol home yang dihilangkan. Namun hilangnya tombol home membuat Apple menghadirkan gesture-gesture baru pada iPhone X. Total ada sekitar 15 gesture dan kombinasi tombol baru yang kudu kamu pelajari saat menggunakan iPhone X.

Animoji

Satu lagi yang baru dari iPhone X adalah Animoji, yang merupakan Emoji yang dapat bergerak mengikuti gestur wajah pengguna yang tertangkap kamera depan iPhone X dan sederet sensor TrueDepth Camera. Animoji sendiri dapat menirukan hingga 50 lebih gerakan otot wajah pengguna dengan dibantu CPU IPhone X yang tertanam, A11 Bionic, serta barisan TrueDepth Camera pada bagian depan iPhone X. Mulai dari Unicorn, Panda, Robot dan jenis lainnya.

Apple menyematkan fitur Animoji pada mode kirim pesan iMessage bagi pengguna iPhone X yang dapat diterima oleh semua pengguna perangkat iOS lainnya tanpa terkecuali.  Dalam hal ini, Apple benar-benar ‘adil’ dan meng-anak emas-kan para user. Mereka tidak perlu mengupgrade perangkat ke iPhone hanya untuk menerima pesan dengan animoji. Durasi maksimal gerakan Animoji yang bakal kamu kirimkan adalah 10 detik saja dan bila diinginkan, dapat pula disimpan di Camera Roll.

Kamera Belakang yang Aduhai

Secara spesifikasi, Kamera IPhone X memiliki beberapa peningkatan jika dibandingkan Kamera IPhone 8. Peningkatan tersebut ada pada mode optical image stabilization pada kedua lensa, yakni tele dan wide. Sebelumnya lensa tele di iPhone 7 Plus maupun iPhone 8 Plus belum mendukung mode tersebut. Walhasil, rekaman video yang dihasilkan tampak sedikit bergoyang dan tidak stabil.

Masih membahas Spesifikasi Kamera Iphone X, aperture dari kamera tele yang tertanam di iPhone X juga ditingkatkan menjadi ƒ/2.4 dari sebelumnya ƒ/2.8. Hal ini tentu dapat membantu kamu untuk bisa memotret objek jarak jauh pada kondisi low light atau malam hari dengan hasil yang lebih jernih dan tajam. Fitur baru lainnya yang dihadirkan di iPhone X ialah adanya kombinasi pixel processing, wide color capture, dan autofocus yang diklaim lebih cepat serta hadirnya mode HDR yang mendapatkan banyak peningkatan. Fitur-fitur pafa kamera tersebut diklaim bisa membuat gambar tangkapan kamera Iphone X kamu terlihat lebih baik baik saat siang hari maupun malam hari sekalipun. Apple juga menanamkan quad LED True Tone Flash pada Kamera IPhone X yang dapat menghasilakn foto dengan cahaya flash terlihat lebih alami dan didukung dengan mode Slow Sync untuk menyulap latar belakang lebih menyatu dengan objek utama.

Setelah hasil foto, mari beranjak pada mode video. IPhone X memiliki fitur perekaman video yang mirip dengan iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus. Yaitu resolusi 4K dengan pilihan 24 fps, 30 fps, ataupun 60 fps untuk pilihan paling besar. Adapaun mode 1080p HD dijejali dua pilihan yaitu 30fps dan juga 60fps. Sementara untuk mode Slow-mo pada resolusi 1080p kamu bisa memilih 120fps atau 240fps. Untuk memperoleh hasil slow-mo yang sempurna, pastikan kamu menggunakan sumber cahaya yang cukup!

Kamera Depan iPhone X

Kamera Depan IPhone X mampu menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi 7MP yang juga mendukung Retina Flash. Fitur paling menarik yang bisa kamu temui pada kamera depan iPhone X adalah adanya teknologi Portrait Mode. Pada varian sebelumnya Apple telah lebih dulu menanamkan Portrait Mode dengan kamera ganda pada iPhone 7 Plus maupun iPhone 8. Dan kali ini fitur portrait mode juga bisa diaplikasikan oleh Kamera Depan iPhone X. Untuk dapat memperoleh portrait mode pada iPhone X kamu dapat menggunakan lensa ganda, yaitu lewat Infrared camera yang berada di barisan TrueDepth Camera iPhone X pada sisi paling kiri. Fitur yang satu ini berguna untuk mengukur jarak antara wajah ke kamera depan guna mengukur simulasi bokeh, menentukan fokus serta pilihan mode Portrait Camera.

Desain Minimalis yang Cantik

Jika anda termasuk pengguna setia Produk Smartphone Keluaran Apple, misal iPhone 7 Plus ataupun iPhone 8 dan saat ini beralih menggunakan iPhone X, maka bakal terasa sekali bahwa Apple benar-benar memperhatikan tampilan desain secara lebih mendetail untuk dapat menciptakan Desain IPhone X yang lebih minimalis. Hal tersebut terlihat dari sederet teks dan informasi yang biasanya tercetak pada bagian belakang bodi. Jika sebelumnya Apple melampirkan tulisan ‘Designed by Apple in California, Assembled in China’ berikut detail catatan FCC lainnya, maka di iPhone X kini hal tersebut sudah ditiadakan. Yang ada hanya logo Apple diikuti tulisan iPhone di bagian bawah tanpa ada tulisan macam-macam lainnya yang bakal mengurangi keelokan Desain IPhone X.

Tidak hanya itu, desain minimalis lainnya bisa kamu temukan pula di sisi bezel iPhone X. Apple sudah meniadakan garis antena seperti yang sebelumnya ada di iPhone 7. Hanya tersisa garis strip antena pada sisi samping, atas dan juga bawah. Namun hal tersebut bukanlah masalah serius, sebab bagian tersebut sudah terlindungi dengan hadirnya warna krom yang lebih anggun dibandingkan bodi dari iPhone lainnya. Satu lagi detail minimalis lainnya yang Apple racik adalah mikrofon di kamera belakang iPhone X yang diletakkan pas di sebelah quad LED True Tone Flash dan membuatnya sepintas seperti tak terlihat.

Harga

Untuk soal harga, tampaknya Apple tidak main-main memasarkan produk kelas wahid ini. Banderol harga yang diberikan cukup membuat geleng-geleng kepala. Pasalnya, untuk sebuah smartphone, Apple memasarkan iPhone X di harga kisaran 18 sampai 20 jutaan. Meski hal tersebut sebanding dengan beragam fitur serta teknologi yang ditawarkan, rasanya kamu harus mikir 2 kali untuk membeli gadget yang satu ini. Namun jika kamu memang memiliki kantong tebal dan tidak masalah dengan Harga Iphone X yang bahkan sebanding dengan harga satu unit motor tersebut, it’s okay.

Kelebihan dan Kekurangan Iphone X

Hadirnya iPhone X mengundang decak kagum para pecinta gadget di seluruh dunia. Pasalnya, Apple banyak menawarkan segudang peningkatan pada perangkat barunya tersebut. Di antara Kelebihan Iphone X ialah dari segi desain, layar, kamera dan lainnya. Contohnya saja pada layar yang mengusung super retina display. Layar yang juga dilapisi dengan teknologi OLED ini diklaim merupakan layar terbaik dari seri iPhone lainnya. Pada sektor kamera kamu akan mendapati hadirnya jajaran TrueDepth Camera yang hasil jepretannya sudah tidak diragukan lagi. Seabrek kelebihan tersebut dibungkus dalam bodi berbahan kaca dan bezel stainless steel yang didukung dengan desain yang sama sekali baru.

Namun demikian, semua kelebihan tersebut dibarengi pula dengan beberapa kekurangan yang rasanya dapat membuat kamu memikir 2 kali untuk membeli perangkat ini. Kekurangan Iphone yang cukup menonjol ada pada hilangnya tombol home dan fingerprint. Bagi kebanyakan orang yang sudah terbiasa dengan teknologi tersebut akan sangat terganggu. Ditambah kamu harus memperlajari gesture-gesture baru untuk menggantikan fungsi tombol home. Tidak hanya itu, harga yang terlampu tinggi juga menjadi poin Kekurangan Iphone X ini bagi sebagian orang. Alih-alih membeli iPhone X, masyarakat justru akan cenderung memilih varian iPhone terdahulu yang harganya sudah muali turun namun sudah dibekali dengan teknologi yang canggih.

Incoming search terms:

  • i phone x dalam genggaman
Review iPhone X Indonesia: Mewah Dalam Genggaman | embul | 4.5