Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, hal ini tidak lain disebabkan karena smartphone telah bisa menjalankan berbagai macam fungsi. Anda tidak hanya bisa menggunakan smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi saja, tetapi juga bisa menggunakannya untuk berbagai hal mulai dari mendengarkan musik, menjelajah dunia maya, bermain game, menonton film, dan berbagai fungsi lainnya yang sangat beragam.

Untuk bisa melakukan berbagai macam fungsinya yang sangat beragam tersebut, tentu saja sebuah smartphone membutuhkan sumber energi berupa baterai. Seperti yang Anda ketahui bahwa baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting, namun demikian komponen yang satu ini sangat rentan untuk mengalami masalah jika pemakaiannya tidak benar. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah baterai yang bocor sehingga tentu akan sangat mengganggu, berikut ini akan kami ulas penyebab dan ciri baterai smartphone yang bocor.

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Penyebab Baterai Smartphone Yang Bocor

  1. Melakukan Charging Terlalu Lama

Salah satu hal yang menjadi penyebab baterai smartphone menjadi bocor yakni karena Anda terlalu lama dalam melakukan charghing atau pengisian daya. Saat ini masih ada banyak orang yang membiarkan smartphone-nya dicharging semalaman suntuk sembari ditinggal tidur. Padahal kebiasaan buruk tersebut tidak boleh Anda lakukan karena akan bisa membuat baterai menjadi rusak.

  1. Melakukan Charging Sambil Bermain Game

Hal berikutnya yang juga bisa menyebabkan baterai smartphone menjadi bocor adalah karena melakukan charging sambil bermain game. Hal yang satu ini juga masih sangat sering dilakukan oleh sebagian pengguna Android, padahal perlu diketahui bahwa aktivitas bermain game, terutama game online akan membebani kinerja baterai sehingga membuatnya menjadi panas atau overheating.

Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

  1. Suhu Baterai Meningkat

Ciri pertama dari baterai smartphone yang bocor adalah suhu baterai yang meningkat secara tidak wajar di mana Anda akan merasakan panas yang berlebih pada bagian belakang smartphone. Apabila Anda merasakan suhu baterai yang terus meningkat secara drastis padahal Anda tidak sedang menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi atau game yang berat maka bisa jadi karena baterai yang bocor.

  1. Baterai Menggembung

Selain suhu yang meningkat, baterai smartphone yang bocor juga bisa dilihat secara fisik di mana permukaan baterai menjadi gembung atau tidak rata. Apabila Anda kesulitan melihatnya secara fisik, maka Anda bisa menaruh baterai di atas permukaan yang rata dan memutarnya untuk mengetahui keadaan fisik baterai, baterai yang menggembung juga bisa terlihat dari cover bagian belakang smartphone yang tidak rata.

  1. Waktu Charging Menjadi Lama

Hal ketiga yang juga bisa menjadi ciri dari baterai smartphone yang mengalami kebocoran adalah waktu charging atau pengisian dayanya menjadi jauh lebih lama. Perlu Anda ketahui bahwa meskipun masih bisa dilakukan pengisian daya, namun proses ini akan membutuhkan waktu yang lama, selain itu indikator baterai juga menjadi tidak stabil yang menandakan bahwa baterai sedang mengalami masalah.

Baterai yang bocor menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna smartphone sehingga Anda harus mengetahui penyebab dan cirinya di atas.

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor | embul | 4.5