Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android – Smartphone atau ponsel pintar merupakan sebuah perangkat multiguna yang sedang populer saat ini, smartphone sendiri memiliki fungsi yang beragam di mana perangkat yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan komunikasi, bermain game, mendengarkan musik, mencari informasi di internet, dan berbagai fungsi yang lain. Banyaknya fungsi yang bisa dilakukan oleh smartphone Android tentu saja membuat perangkat berdimensi mungil ini menjadi suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia.

Tak bisa dipungkiri bahwa smartphone memiliki sangat banyak kelebihan, namun tentu saja perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu masalah yang paling ditakutkan oleh para pengguna perangkat Android adalah bootloop yang mana masalah ini ditandai dengan sistem yang tidak mau masuk ke menu utama. Masalah yang satu ini tentu akan sangat mengganggu karena Anda tidak bisa menggunakan smartphone secara normal. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena berikut akan kami ulas penyebab dan cara mengatasi bootloop di Android.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Penyebab Bootloop di Android

  1. Flashing Custom ROM

Hal pertama yang bisa menyebabkan terjadinya bootloop adalah karena flashing custom ROM, perlu diketahui bahwa proses flashing yang tidak sempurna dan menyisakan data lama yang belum terhapus atau biasa disebut dengan dalvik cache akan bisa menyebabkan gangguan sistem, selain itu custom ROM yang rusak juga akan bisa menjadi penyebab bootloop.

  1. Instal Mod

Penyebab kedua dari masalah bootloop pada perangkat berbasis Android adalah karena menginstal mod, hal yang satu ini juga cukup sering menjadi penyebab masalah bootloop. Apabila mod yang Anda instal tidak kompatibel dengan ROM yang Anda gunakan saat ini, maka tentu saja akan bisa menyebabkan berbagai masalah pada sistem Android, salah satunya adalah bootloop.

  1. Salah Mengatur Permission

Selain kedua hal yang telah disebutkan sebelumnya, salah dalam pengaturan permission juga bisa menyebabkan terjadinya bootloop. Hal ini dikarenakan sistem Android sangatlah bergantung kepada pengaturan permission yang benar, apabila Anda salah dalam mengatur permission akan bisa mengakibatkan bootloop sehingga Anda harus lebih teliti pada saat melakukannya.

Cara Mengatasi Bootloop di Android

  1. Hapus Data

Untuk bisa mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada Android, Anda bisa mencoba untuk menghapus data. Anda bisa masuk ke Recovery Mode dan pilih menu Mounts & Storage, kemudian pilih Wipe Data dan Wipe Cache untuk menghapus semua data dan cache yang menumpuk. Namun sebelum melakukannya, Anda sebaiknya melakukan backup terlebih dahulu.

  1. Bersihkan Dalvik Cache

Selain menghapus data, Anda bisa membersihkan dalvik cache atau file lama yang masih tertinggal di dalam sistem. Untuk membersihkan dalvik cache ini, Anda bisa masuk ke menu Advanced terlebih dahulu dan pilih Wipe Dalvik Cache. Setelah itu Anda bisa membuka menu Mounts & Storage dan pilih Wipe Cache sehingga diharap smartphone Anda tidak lagi mengalami bootloop.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah bootloop di Android, maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui penyebab dan cara mengatasinya di atas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android | embul | 4.5