Memori Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi di Smartphone? Mungkin Ini Penyebabnya

Selain prosesor dan juga kapasitas RAM, kebanyakan orang jaman sekarang juga memperhatikan kapasitas memori internal ketika memilih smartphone.

Memori internal menjadi salah satu faktor penting ketika memilih smartphone karena ukuran data jaman sekarang memang semakin besar.

Namun demikian, meskipun anda sudah memilih smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar, terkadang anda masih bisa mengalami masalah seperti memori penuh padahal tidak ada aplikasi apapun yang terpasang di dalam smartphone.

Masalah memori penuh padahal tidak ada aplikasi yang terpasang di dalam smartphone tersebut tidak hanya bisa dialami pada smartphone yang sudah cukup ketinggalan jaman tipenya. Masalah tersebut juga bisa dialami pada smartphone baru dan bahkan tipe flagship.

memori hp penuh

Sebenarnya kenapa sebuah smartphone bisa mengalami masalah memori penuh padahal tidak ada aplikasi? Bagi anda yang ingin mengetahui apa penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi masalah memori penuh di smartphone tersebut, anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel ini.

4 Hal yang Biasa Menyebabkan Memori Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi di Smartphone Android

Masalah seperti memori penuh padahal tidak ada aplikasi apapun yang terpasang di smartphone android memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab berkurang atau bahkan habisnya kapasitas memori internal smartphone android:

1.     Terlalu banyak file cache

Oke, memang benar mungkin anda sama sekali tidak memasang aplikasi yang aneh-aneh di dalam smartphone anda. Namun meskipun sama sekali tidak memasang aplikasi, sebenarnya smartphone android itu sudah dibekali dengan beberapa macam aplikasi sejak awal.

Beberapa aplikasi bawaan tersebut biasanya menyimpan file-file cache yang terdiri dari data login ataupun pengaturan aplikasi.

Semakin lama anda menggunakan smartphone android, maka semakin banyak pula file cache yang menumpuk di dalam memori internal.

Jadi tidak aneh bukan jika lama kelamaan anda pasti akan mengalami masalah seperti memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone anda?

Lalu bagaimana solusinya? Jika anda tidak ingin memori internal di smartphone android sampai penuh, sebaiknya mulailah rutin menghapus file cache dari beberapa aplikasi bawaan smartphone.

Anda bisa menghapus file-file cache tersebut dengan mengakses menu pengaturan kemudian pilih menu apps. Tap satu per satu aplikasi yang ditampilkan di menu apps tersebut dan bersihkan cachenya.

Note: membersihkan cache pada aplikasi tertentu akan mengembalikan pengaturan aplikasi tersebut pada pengaturan awal. Berbagai macam data login yang sudah anda masukkan sebelumnya juga akan hilang.

2.     Terlalu banyak file junk

Selain file cache, masalah seperti memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone android itu juga bisa disebabkan karena banyaknya file junk yang menumpuk.

Bukankah file junk itu sama dengan cache? Yang dimaksud dengan file junk itu berbeda dengan cache. File junk ini biasanya adalah sisa-sisa dari file yang tersimpan di dalam smartphone ketika anda mengunduh sesuatu.

Pada umumnya, mayoritas penyebab utama masalah memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone android adalah menumpuknya file-file update aplikasi otomatis dari sistem.

Lalu bagaimana caranya menghapus file junk ini? Cara paling mudah untuk menghapus file junk di dalam smartphone android adalah dengan memasang aplikasi seperti Cleaner Master ataupun CCleaner.

Kedua aplikasi tersebut bisa anda gunakan secara gratis dan juga bisa menghapus baik file cache maupun file junk sekaligus.

3.     Terlalu banyak file yang tersimpan di dalam memori internal

Hal ketiga yang juga paling sering menjadi penyebab memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone android adalah karena banyaknya file yang tersimpan di dalam memori internal.

Kebanyakan file-file yang sering menyebabkan memori internal smartphone penuh adalah file seperti foto, lagu, dan juga video.

Lalu bagaimana solusi terbaiknya? Jika memang anda suka mengabadikan momen-momen indah dengan menggunakan kamera smartphone, mendengarkan lagu-lagu dengan smartphone, dan juga menonton video dengan smartphone, ada baiknya simpan data-data tersebut di memori eksternal.

Sebisa mungkin, atur penyimpanan file foto secara otomatis di memori eksternal. Dengan begitu, kapasitas memori internal di smartphone anda tidak akan cepat habis.

4.     Update otomatis

Masalah memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone android itu juga bisa disebabkan karena smartphone anda secara otomatis melakukan update firmware, sistem operasi, atau bahkan berbagai aplikasi bawaan.

Jika anda memang tidak ingin tiba-tiba kapasitas memori internal di smartphone anda penuh, lebih baik matikan fitur update otomatis di smartphone anda. Lebih baik lakukan update secara manual setiap kali ada notifikasi dari sistem.

Sekarang anda sudah paham bukan bahwa sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan memori penuh padahal tidak ada aplikasi di smartphone?

Jika anda bisa memonitor 4 faktor tersebut, sebenarnya anda bisa mencegah agar jangan sampai memori internal smartphone anda sampai tidak bersisa.

Memori Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi di Smartphone? Mungkin Ini Penyebabnya | Bayu ajie | 4.5