Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Kinerja Android Yang Lemot

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa di jaman modern seperti saat ini, hampir setiap orang telah memiliki perangkat yang bernama smartphone Android. Kepopuleran smartphone Android sendiri disebabkan karena perangkat yang satu ini bisa menjalankan berbagai macam fungsinya yang sangat beragam sehingga smartphone Android sangat layak untuk disebut sebagai perangkat multifungsi. Anda tidak lagi hanya bisa menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi semata, tetapi lebih dari itu.

Apalagi saat ini smartphone berbasis Android telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni seperti misalnya RAM berkapasitas besar serta prosesor yang berkecepatan tinggi. Hal tersebut tentu saja membuat smartphone Android bisa menghasilkan performa yang tangguh, namun demikian pada umumnya smartphone Android akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan waktu pemakaian yang mana membuatnya terasa lambat atau lemot. Anda tak perlu khawatir karena berikut ini akan kami ulas beberapa cara paling ampuh untuk mengatasi kinerja Android yang lemot.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Kinerja Android Yang Lemot

1. Perhatikan Jumlah Memori

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kinerja Android yang lambat adalah dengan memperhatikan jumlah memorinya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap smartphone Android memiliki spesifikasi memori yang berbeda-beda, apabila memori internal yang ada pada smartphone hanya tersisa sedikit, maka hal ini akan bisa menyebabkan kinerja Android menjadi lambat. Oleh karena itulah Anda bisa menghapus beberapa file ataupun aplikasi untuk mengatasinya.

2. Menggunakan Aplikasi Serbaguna

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi Android yang kinerjanya lambat yakni dengan menggunakan aplikasi serbaguna. Daripada menginstal banyak aplikasi, lebih baik Anda menginstal satu aplikasi saja tetapi yang memiliki banyak fungsi sehingga hal ini tidak akan membuat memori internal menjadi penuh. Apabila Anda memiliki perangkat Android yang sudah diroot, maka Anda bisa menginstal aplikasi yang bernama Apps2SD, aplikasi ini memiliki fungsi yang begitu beragam seperti misalnya partisi micro SD, backup aplikasi, dan sebagainya.

3. Menggunakan Satu Antivirus Saja

Smartphone berbasis Android memang rentan terhadap serangan virus, namun bendaknya Anda menginstal satu aplikasi antivirus saja untuk setiap perangkat Android. Hal yang satu ini sangat perlu untuk diperhatikan karena antivirus termasuk ke dalam aplikasi yang terus berjalan di latar belakang sehingga akan membebani RAM, jika Anda menginstal lebih dari satu aplikasi, maka tentu saja akan mempengaruhi kinerja smartphone yang menjadi lambat.

Baca juga  Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android

4. Menggunakan Fitur Auto Kill

Smartphone berbasis Android memang akan memungkinkan para penggunanya untuk melakukan multitasking di mana Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Akan tetapi hal tersebut tentu saja akan membebani RAM yang mengakibatkan kinerja Android menjadi lambat. Oleh karena itulah sebaiknya Anda tidak membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fitur auto kill yang akan menutup aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.

5. Menggunakan Aplikasi Berbayar

Anda akan menemukan dua jenis aplikasi di Play Store yakni aplikasi gratisan dan aplikasi berbayar. Sebagian besar orang tentu lebih memilih aplikasi gratisan, namun perlu Anda ketahui bahwa aplikasi gratisan biasanya memiliki lebih banyak bug dibandingkan dengan aplikasi berbayar, selain itu Anda juga akan sering menemukan berbagai macam iklan yang tentu akan membebani kinerja RAM, oleh karena itulah sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang berbayar.

6. Selalu Memperbarui Software

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang kinerjanya lemot adalah dengan selalu mengupdate atau memperbarui software, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena memperbarui software akan bisa mengatasi bug atau masalah yang dimiliki oleh software versi sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa bug yang ada pada sistem akan bisa mempengaruhi kinerja smartphone Android sehingga menjadi terasa lambat.

7. Mengurangi Penggunaan Widget

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa salah satu kelebihan dari sistem operasi Android adalah kebebasan dalam menggunakan widget. Ya, para pengguna Android akan bisa menambahkan berbagai macam widget pada tampilan homescreen yang mana widget tersebut akan berfungsi sebagai jalan pintas. Meskipun sangatlah berguna, namun sebaiknya Anda membatasi penggunaan widget karena hal tersebut akan bisa membebani kinerja RAM sehingga membuat smartphone menjadi lemot.

8. Hapus Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Anda akan menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh dari Googe Play Store yang mana hal tersebut akan bisa menggoda Anda untuk menginstal banyak aplikasi sekaligus. Namun perlu diketahui bahwa menginstal aplikasi terlalu banyak pada smartphone akan bisa memenuhi memori internal sehingga membuat kinerja smartphone menjadi terasa lambat, oleh karena itulah maka sebaiknya Anda menghapus beberapa aplikasi yang memang tidak digunakan.

Baca juga  5 Hal Yang Dilarang Saat Menggunakan Smartphone Android

9. Membersihkan Cache

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi kinerja smartphone Android yang lambat yaitu dengan membersihkan cache, hal ini juga sangat penting untuk dilakukan karena cache atau file sampah yang terus dibiarkan akan mengalami penumpukan sehingga akan membebani RAM serta memenuhi ruang penyimpanan yang mana akan mengakibatkan kinerja Android menjadi lambat. Sebagai pengguna Android, tentu saja Anda harus membersihkan cache secara berkala.

10. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Para pengguna smartphone berbasis Android memang bisa menggunakan live wallpaper atau wallpaper yang bisa bergerak untuk mempercantik tampilan layarnya. Meskipun demikian, ternyata penggunaan live wallpaper akan membebani kinerja RAM yang membuat smartphone Android menjadi terasa lebih lambat. Maka dari itulah sebaiknya Anda menghindari penggunaan live wallpaper dan menggunakan wallpaper biasa yang tidak bergerak sehingga kinerja smartphone Android akan menjadi lebih cepat.

11. Matikan Fitur Auto Sync

Untuk mengatasi smartphone Android yang kinerjanya terasa lambat, Anda bisa mematikan fitur auto sync. Fitur auto sync memang tersedia pada setiap smartphone berbasis Android yang mana fitur ini akan memudahkan Anda yang memiliki banyak akun agar tersinkronisasi secara otomatis, akan tetapi fitur yang satu ini ternyata cukup membebani RAM serta memakan kuota internet yang mana menjadikan kinerjanya menjadi lambat sehingga akan lebih baik jika Anda menonaktifkannya.

12. Melakukan Factory Reset

Apabila Anda sudah mencoba melakukan beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya, namun ternyata masih belum juga bisa mengatasi masalah kinerja smartphone Android yang lemot, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan factory reset. Seperti yang Anda ketahui bahwa factory reset merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di Android, termasuk kinerja yang lambat, namun alangkah baiknya jika Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Smartphone Android yang kinerjanya lambat tentu akan sangat mengganggu aktivitas keseharian, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara yang telah diulas di atas.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Kinerja Android Yang Lemot | Bayu ajie | 4.5