Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

Diposting pada

Fingerprint merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi sidik jari seseorang. Fingerprint seseorang juga dapat diketahui dengan cara memindahkan data fingerprint ke komputer. Dari data fingerprint yang telah dipindahkan ke dalam komputer dapat diketahui siapa saja yang sudah melakukan sidik jari.

Alat ini biasanya digunakan pada perusahaan dan berbagai tempat kerja lainnya, dengan maksud dan tujuan agar dapat mengetahui siapa saja yang telat dan tepat waktu ketika absen kerja. Cara kerja dari alat ini juga cukup mudah, anda tinggal meletakkan jari anda pada scanner yang biasanya berwarna hijau dan kemudian mesin akan membaca sidik jari anda kemudian nama anda akan muncul.

Berikut ini ada cara untuk dapat memindahkan data fingerprint ke komputer.

Langkah-langkah Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Terdapat berbagai cara memindahkan data fingerprint ke komputer, biasanya data fingerprint dapat dipindahkan ke komputer dengan menggunakan flashdisk atau kabel konektor yang terhubung langsung dengan komputer.

Tiap mesin fingerprint juga memiliki langkah yang berbeda dalam memindahkan data fingerprint ke komputer. Kali ini akan dijelaskan beberapa langkahnya dengan mudah.

Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer Dengan Flashdisk

Cara ini adalah termasuk yang paling mudah dan biasanya paling banyak dilakukan. Pada mesin fingerprint, biasanya juga telah disediakan slot USB untuk dapat menghubungkan flashdisk dengan mesin fingerprint. Berikut langkah – langkahnya.

Pertama anda hanya perlu menyiapkan sebuah flashdisk. Ukuran flashdisknya bisa menggunakan ukuran berapa saja karena data fingerprint ini tidak memakan banyak ukuran, jadi anda juga bisa menggunakan flashdisk yang hanya berkapasitas 2 GB saja.

Langkah berikutnya adalah hubungkan flashdisk yang telah anda sediakan dengan mesin fingerprint yang memang terdapat slot untuk USB.

Baca juga  Cara Mudah Memperbaiki Hp Android Restart Sendiri Dijamin Work

Akan terdapat icon flashdisk yang muncul pada layar dari mesin fingerprint ketika flashdisk telah berhasil terhubung dengan mesin fingerprint anda. Bila tidak terdapat icon tersebut kemungkinan flashdisk belum terhubung dengan benar dengan mesin fingerprint.

Kemudian tekan tombol menu yang terdapat pada mesin fingerprint. Otomatis mesin fingerprint akan membawa anda ke berbagai menu yang terdapat pada mesin fingerprint. Kemudian pilih menu dengan icon flashdisk.

Setelah anda berhasil masuk ke dalam menu tersebut akan ada beberapa sub menu lagi di dalamnya, beberapa diantaranya biasanya ada yang bertuliskan HisLog. Sub menu HisLog adalah sub menu yang berisikan data – data yang pernah masuk ke dalam mesin fingerprint. Menu tersebut berisikan siapa saja yang telah melakukan sidik jari dengan menggunakan mesin fingerprint.

Untuk langkah selanjutnya pilihlah menu HisLog tersebut. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan data tanggal, bulan serta tahun. Anda bisa mengambil dari tanggal yang sudah lewat hingga tanggal saat ini.

Setelah anda selesai memasukkan data tanggal berapa yang ingin anda ambil, kemudian anda pilih Download. Secara otomatis mesin fingerprint akan segera memproses permintaan anda untuk mengambil data dari tanggal yang telah anda tentukan. Pada saat proses download, pada layar akan ada tulisan Working !, anda tinggal selesai hingga data anda berhasil di download.

Saat data anda selesai akan ada tulisan Done. Setelah anda bisa mencabut flashdisk anda yang terhubung dengan mesin fingerprint, untuk kemudian bisa anda hubungkan flashdisk anda ke komputer.

Setelah anda menghubungkan flashdisk ke komputer, cari dan pilih folder Log pada flashdisk anda. Anda akan mendapatkan sebuah file yang tersimpan dalam bentuk Excel, kemudian anda tinggal buka file Excel tersebut dan anda akan mendapatkan seluruh data sidik jari baik nama hingga waktu dimana orang yang namanya terdapat dalam data melakukan sidik jari.

Baca juga  Tips Jitu Mengatasi Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk Terbaru

Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer Dengan Aplikasi

Cara memindahkan data dari fingerprint ke komputer selain dengan menggunakan flashdisk, anda juga bisa melakukannya langsung dari komputer anda dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi yang dapat anda gunakan untuk bisa memindahkan data dari mesin fingerprint ke komputer adalah dengan menggunakan aplikasi Time Attendance.

Aplikasi Time Attendance sendiri terdapat 2 aplikasi yaitu Time Attendance Admin dan Time Attendance Retrieve. Time Attendance Admin biasanya digunakan untuk melakukan olah data seperti menambah pengguna dan melakukan setting lainnya, sedangkan Time Attendance Retrieve biasanya digunakan untuk mengambil data dari mesin fingerprint.

Berikut ini langkah – langkah untuk memindahkan data fingerprint ke komputer dengan menggunakan aplikasi Time Attendance.

Langkah pertama, anda perlu untuk menginstall aplikasi Time Attendance Admin dan Time Attendance Retrieve pada komputer anda.

Setelah selesai install aplikasi Time Attendance, kemudian anda lakukan setting IP baik pada komputer anda maupun dengan mesin fingerprint. Cara setting IP pada Time Attendance dapat anda lakukan dengan membuka menu terminal informasi yang terdapat pada aplikasi.

Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Kemudian pastikan bahwa alamat IP dari aplikasi Time Attendance di komputer anda sudah sama dengan IP pada mesin fingerprint yang akan anda ambil datanya.

Ketika anda sudah memastikan bahwa IP pada aplikasi Time Attendance Admin sudah sama dengan IP pada mesin fingerprint, kemudian anda buka aplikasi Time Attendance Retrieve. Lalu pilihlah terminal yang sudah sesuai dengan koneksi. Kemudian anda tinggal klik Retrieve All Log.

Kemudian proses pengambilan data dari mesin fingerprint akan dilakukan. Setelah berhasil mengambil data dari Time Attendance Retrieve, kemudian tutup aplikasi tersebut dan kembali pada aplikasi Time Attendance Admin.

Baca juga  5 Tips Agar Smartphone Android Tidak Cepat Panas
Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Ketika data anda telah berhasil diambil dari aplikasi Time Attendance Retrieve sebelumnya, log data agar dapat ditampilkan harus diproses dulu agar dapat ditampilkan pada laporan dengan cara klik Process Transaction Log Data.

Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Setelah proses berhasil dilakukan, selanjutnya klik pada Modify dan kemudian lakukan filter pada data mana yang ingin diambil dari mesin fingerprint. Terdapat kolom Period dan End. Pada kolom Period dapat diisi dari kapan data yang ingin diambil, kemudian pada kolom End dapat diisi hingga kapan data yang akan diambil dari mesin fingerprint.

Setelah melakukan pengisian pada kolom – kolom tersebut, kemudian pilih dan klik Process. Pada saat telah selesai kemudian pilih dan klik Report, dan laporan hasil dari data yang telah berhasil diambil dapat ditampilkan.

Apabila ingin mengambil laporan pegawai dapat memilih Report Employee Attendance, atau apabila ingin mengambil laporan berdasarkan hari dapat memilih Report Employee Daily Attendance, dan laporan dapat dicetak serta dapat ditampilkan hasilnya juga ke dalam bentuk print out.

 Demikianlah cara memindahkan data fingerprint ke komputer dengan menggunakan flashdisk atau dengan menggunakan aplikasi Time Attendance memiliki keunggulan serta kelemahannya masing – masing. Selain itu, untuk tiap mesin fingerprint perlakuannya juga berbeda sehingga terkadang langkah – langkahnya yang dilakukan juga tidak sama dengan mesin lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.