Cara Charging Smartphone Yang Benar dan Cara Menghemat Baterainya

Seperti yang telah bisa Anda lihat bahwa smartphone Android saat ini telah dimiliki oleh hampir semua orang. Kepopuleran smartphone Android sendiri bukanlah hal yang mengherankan karena perangkat mungil ini telah mampu untuk melakukan berbagai macam fungsi yang begitu beragam di mana selain digunakan untuk melakukan komunikasi, perangkat mungil ini juga bisa digunakan untuk hal yang lainnya mulai dari sebagai hiburan hingga untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Cara Charging Smartphone Yang Benar dan Cara Menghemat Baterainya

Untuk bisa melakukan fungsinya yang beragam, tentu saja smartphone membutuhkan baterai sebagai sumber energinya. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa baterai merupakan salah satu hardware atau komponen keras yang sangat penting pada sebuah smartphone. Baterai pada sebuah smartphone tentu saja harus dirawat dengan baik agar usia pemakaiannya bisa panjang, salah satunya adalah dengan melakukan charging secara benar. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara charging smartphone yang benar dan cara menghemat baterainya.

Cara Charging Smartphone Yang Benar dan Cara Menghemat Baterainya

Cara Charging Smartphone Yang Benar

1. Jangan Charge Semalaman

Saat ini masih ada banyak pengguna smartphone Android yang melakukan charging atau pengisian daya semalam suntuk sambil ditinggal tidur, padahal hal tersebut bukanlah merupakan kebiasaan yang baik. Perlu Anda ketahui bahwa smartphone yang terus dibiarkan dalam kondisi dicharge semalaman akan bisa memperpendek usia pemakaian baterai sehingga hendaknya Anda segera mencabut smartphone dari charger setelah daya baterainya penuh sehingga akan lebih awet.

2. Hindari Melakukan Charging di Tempat Yang Panas

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah menghindari tempat yang terlalu panas pada saat melakukan charging, hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan karena melakukan charging di tempat yang terlalu panas akan bisa merusak baterai sehingga usia pemakaiannya menjadi pendek. Anda harus menghindarkan smartphone agar tidak terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, perlu diketahui bahwa suhu ideal untuk melakukan charging yakni tidak boleh melebihi 40 derajat celcius.

3. Jangan Membiarkan Baterai Habis Total

Cara yang benar untuk melakukan charging adalah tidak membiarkan daya baterai habis total atau nol persen. Masih banyak pengguna smartphone Android yang membiarkan baterainya habis hingga nol persen, padahal kebiasaan tersebut merupakan hal buruk yang tidak boleh dilakukan. Perlu Anda ketahui bahwa hampir setiap smartphone Android telah menggunakan baterai berbahan litium ion yang mana tipe baterai ini sebaiknya dijaga agar dayanya tidak sampai di bawah 15 persen.

4. Tidak Terlalu Sering Melakukan Charging Melalui PC

Sebagian pengguna smartphone Android memang lebih menyukai untuk melakukan charging melalui PC atau Laptop karena dinilai lebih praktis, padahal hal tersebut tidak boleh terlalu sering untuk dilakukan. Smartphone yang terlalu sering dicharge melalui PC ataupun laptop akan bisa memperpendek usia pemakaian baterainya karena arus listrik yang tidak stabil, oleh karena itulah maka sebaiknya Anda melakukan pengisian daya baterai smartphone langsung ke soket listrik yang ada di rumah.

5. Charging Menggunakan Charger Yang Asli

Sebagai pengguna smartphone, sebaiknya Anda selalu menggunakan charger yang asli untuk melakukan pengisian daya baterai. Hal yang satu ini masih sering diabaikan oleh sebagian pengguna smartphone, padahal perlu Anda ketahui bahwa setiap charger memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga apabila Anda terlalu sering berganti charger, maka akan bisa merusak baterai smartphone. Untuk itulah sebaiknya Anda harus menggunakan charger asli atau bawaan dari smartphone tersebut.

6. Hindari Charging Sambil Bermain Game

Hal lainnya yang harus Anda ketahui sebagai pengguna Android adalah menghindari pengisian daya sambil bermain game. Saat ini masih ada banyak sekali pengguna smartphone yang memiliki kebiasaan buruk yakni melakukan charging sambil bermain game, padahal kebiasaan buruk tersebut tidak boleh dilakukan karena akan bisa merusak baterai. Perlu Anda ketahui bahwa smartphone yang sedang dicharge sambil digunakan untuk bermain game akan bisa membuat suhu baterai meningkat dan menyebabkan kerusakan.

Cara Menghemat Baterai Smartphone

1. Mematikan Sinyal Radio

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan sinyal radio, seperti yang telah Anda ketahui bahwa di beberapa wilayah tertentu, sinyal menjadi tidak stabil yang bisa saja disebabkan karena lokasinya yang jauh dari menara pemancar sinyal. Hal ini akan memaksa smartphone bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal sehingga akan membuat baterai menjadi lebih boros, maka dari itulah sebaiknya Anda mematikan sinyal di tempat-tempat tersebut.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Apabila Anda merasa malas untuk mengatur setingan sinyal, maka Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai. Sesuai dengan namanya, mode yang satu ini memang digunakan pada saat Anda sedang berada di dalam pesawat. Perlu Anda ketahui bahwa mode pesawat akan menonaktifkan beberapa fitur yang ada di perangkat Android mulai dari sinyal radio, GSM, WiFi, hingga bluetooth sehingga tentu saja hal tersebut akan bisa menghemat penggunaan baterai.

3. Tutup Aplikasi Yang Masih Berjalan di Latar Belakang

Untuk menghemat baterai smartphone, Anda juga bisa menutup aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Android yang sudah selesai digunakan tidak akan menutup dengan sendirinya dan akan tetap berjalan di latar belakang yang mana hal ini akan bisa membebani kinerja RAM serta membuat baterai smartphone menjadi lebih boros. Maka dari itulah alangkah baiknya apabila Anda segera menutup aplikasi yang telah selesai digunakan sehingga lebih hemat baterai.

4. Matikan Fitur Getar

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan fitur getar atu vibrate. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa setiap smartphone Android telah dibekali dengan fitur getar yang memiliki fungsi untuk memberi tahu para penggunanya jika ada notifikasi yang masuk, namun fitur yang satu ini ternyata cukup menguras daya baterai. Oleh karena itulah Anda sebaiknya mematikan fitur getar untuk menghemat baterai smartphone.

5. Jangan Terlalu Sering Melakukan Streaming

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone yakni tidak sering melakukan streaming. Seiring dengan semakin murah dan juga semakin cepatnya koneksi internet, streaming menjadi salah satu aktivitas yang sangat sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Akan tetapi perlu diketahui bahwa streaming ternyata membuat pemakaian baterai menjadi lebih boros serta menghabiskan banyak kuota data, oleh karena itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukan streaming.

6. Mengurangi Kecerahan Layar

Selain kelima cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mengurangi kecerahan layar untuk menghemat baterai smartphone. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kecerahan layar ternyata akan mempengaruhi konsumsi baterai di mana semakin cerah layar smartphone, maka konsumsi baterainya akan semakin boros. Maka dari itulah alangkah baiknya apabila Anda mengurangi kecerahan layar smartphone terutama pada saat sedang di dalam ruangan sehingga baterainya lebih awet.

Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah smartphone, oleh karena itulah Anda harus merawat baterai agar tidak cepat rusak.

Cara Charging Smartphone Yang Benar dan Cara Menghemat Baterainya | Bayu ajie | 4.5