7 Cara Menghemat Baterai Android Secara Ampuh

7 Cara Menghemat Baterai Android Secara Ampuh – Masalah daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membeli  smartphone baru, terlebih smartphone bekas. Tentu saja, karena baterai menjadi nyawa dari sebuah smartphone, secanggih apapun fiturnya tapi jika baterai gampang habis, tentu saja sangat merepotkan. Namun, jangan khawatir, kali ini kami akan bagikan beberapa tips bagaimana supaya bateray smartphone android Anda bisa hemat.

Penasaran bagaimana cara menghemat baterai android? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menghemat Baterai Android

7 Cara Menghemat Baterai Android Secara Ampuh

Baca juga :

  1. Turunkan kecerahan layar

Kecerahan layar atau brightness menjadi faktor utama penguras baterai android anda. Turunkan kecerahan layar android anda hingga dibawah batas 50%. Namun, jangan lupa pula untuk mematikan fitur kecerahan otomatis. Terkadang pengguna android melupakan fitur satu ini sehingga baterai mereka dapat terkuras secara cepat.

  1. Matikan Lokasi/GPS

Matikan fitur GPS anda ketika tidak diperlukan. Fungsi GPS ini dianggap menguras baterai karena selama fitur ini menyala, sistem terus bekerja dalam   mencari lokasi. Pakailah GPS saat hanya dibutuhkan saja seperti dalam situasi anda mencari jalan, atau lainnya.

  1. Matikan suara atau vibrasi

Semua android pasti memiliki fitur getar atau vibrasi khususnya pada keyboard. Selain itu, fitur ini juga biasanya digunakan saat menandakan notifikasi yang masuk ke dalam android. Dan idealnya, bla ingin menghemat baterai, anda perlu mematikan fitur tersebut, terlebih jika terdapat banyak akun media sosial atau lainnya, yang seringkali muncul notifikasi masuk yang lumayan banyak. Fitur getar ataupun vibrasi memerlukan pemakaian daya baterai yang cukup besar karena mengharuskan android bergetar saat menerima notifikasi.

  1. Matikan wifi

Untuk menghemat baterai android, idealnya hanya gunakan wifi seperlunya saja. Apabila anda menggunakan data seluler namun tetap menghidupkan fitur wifi anda, maka baterai anda akan terkuras karena fitur ini selalu mencari sinyal wifi yang berada disekitar smartphone android anda. Dengan kerja itu, baterai yang dikonsumsi pun cukuplah banyak sehingga menyebabkan boros daya.

  1. Matikan 4G LTE

Sinyal 4G LTE memanglah sangat bermanfaat. Bagaimana tidak, sinyal 4G LTE dapat membuat penggunanya mengakses internet secara cepat dibanding 3G atau dibawahnya. Namun, selain kelebihan tersebut, ternyata sinyal 4G LTE juga dapat menguras baterai android secara cepat. Ada baiknya, apabila anda ingin menghemat baterai android anda cukup gunakan sinyal 3G saja. Dan hanya gunakan sinyal 4G pada saat penting saja. Memang kecepatan 3G tidak secepat 4G LTE, namun daya tahan baterai anda akan bertahan sedikit lebih lama.

  1. Atur Layar Tidur seminimal mungkin

Cara menghemat baterai android yang keenam adalah dengan meminimalisir waktu layar tidur dari android anda. Beberapa dari pengguna android terkadang mengatur waktu layar tidur pada androidnya cukup lama, bahkan diatas 10 menit. Nah, itu adalah tindakan yang tidak bijak sebenarnya. Karena saat layar menyala konsumsi bateray lumayan besar. Jadi atur saja waktu tidur layar maksimal 5 menit saja. Atau tergantung kebutuhan Anda.

  1. Hindari penggunaan live wallpaper

Live Wallpaper memang bisa membuat tampilan layar smartphone lebih menarik dan atraktif. Namun, dibalik itu ternyata live wallpaper dapat menguras baterai karena wallpaper selalu bergerak/bekerja setiap android itu dibuka. Alangkah lebih baiknya gunakan wallpaper yang diam untuk menghemat baterai android anda.

Nah, itu dia diatas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai android anda. Dengan cara-cara di atas, anda dapat memakai smartphone lebih lama tanpa harus menggunakan bantuan powebank.

7 Cara Menghemat Baterai Android Secara Ampuh | embul | 4.5