5 Cara Mudah Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu

5 Cara Mudah Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu – Oppo merupakan salah satu brand smartphone paling laris di Indonesia. Hal tersebut ibarat pisau bermata dua karena semakin laris sebuah brand maka akan muncul banyak produk replikanya. Oleh sebab itu agar tidak dirugikan kita wajib jeli membedakan produk asli atau palsu termasuk dalam brand asal Tiongkok ini. Oppo memiliki ciri khas desain, sistem operasi, hingga mode tertentu yang membuat versi aslinya mudah diidentifikasi. Belum lagi nomor IMEI yang tertera juga bisa anda andalkan.

5 Cara Mudah Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu

Membeli produk palsu tentu sangat merugikan. Selain dari segi materi, anda pun akan kehilangan garansi serta tidak mendapatkan apa yang dijanjikan pada iklan karena produk palsu tersebut. Membedakan Oppo yang asli dan palsu tergolong mudah. sebenarnya beberapa poin pun bisa dilakukan untuk brand smartphone lainnya. Nah bagi yang penasaran apa saja cara membedakannya, di bawah ini ulasan cara selengkapnya yang bisa anda coba.

Cara Mudah Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu

  1. Cek IMEI Online

IMEI merupakan nomor khusus yang bisa dikatakan sebagai nomor identitas sebuah ponsel. Tiap unit smartphone memiliki IMEI berbeda. Anda bisa mengecek IMEI Oppo di situs Device Authentication Oppo. Masukan nomor IMEI di situs tersebut. Jika terdaftar maka Oppo anda asli begitu juga sebaliknya. Selain melalui box ponsel, anda bisa mengecek nomor IMEI ponsel dengan mengakses *#06#.

  1. Mengecek Engineer Mode

Engineer Mode bisa anda akses melalui *#800#. Anda akan masuk ke Engineer Mode secara otomatis. Di mode tersebut banyak pilihan menu. Salah satunya Testing Hardware. Dengan informasi hardware baik dari kapasitas sampai kondisinya, kita bisa menyesuaikan dengan yang tertera pada box dan kondisi ponsel. Jika sesuai maka Oppo anda asli begitu juga sebaliknya.

  1. Mencocokan spesifikasi hp
Baca juga  5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kartu Memori

Cocokan spesifikasi hp yang anda beli dengan yang ada di box kemasan. Anda pun bisa mengakses situs resmi Oppo untuk mendapatkan info lebih valid. Mencocokan spesifikasi ini penting anda lakukan secepatnya agar keaslian Hp bisa kita identifikasi secepatnya. Jika spesifikasi pada box dan yang ada di ponsel anda sesuai maka ponsel Oppo anda adalah asli.

  1. Desain bobot dan berat

HP Oppo memiliki desain yang sama dengan yang dipromosikannya secara resmi. Smartphone palsu akan memiliki perbedaan desain walaupun hanya sedikit. Anda bisa mengidentifikasinya juga dari adanya sensor sidik jari. Hp kloningan biasanya memiliki dimensi lebih panjang dengan bobot yang lebih berat. Jika desain bobot dan berat tidak sesuai deskripsi dan promosi maka bisa disimpulkan bahwa ponsel anda adalah replika.

  1. Mengidentifikasi NFC

Cara satu ini hanya berlaku untuk hp yang sudah mendukung NFC saja. HP Oppo asli memiliki jalur timah kuning yang merupakan NFC Connector. NFC Connector biasanya didesain tipis dan tidak menonjol. Oppo asli memiliki OS Color yang memiliki perpindahan halus. Jika perpindahannya tersendat dan lebih kasar bisa jadi smartphone anda adalah hasil replika.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan smartphone Oppo asli dan replika. Semoga bermanfaat.

5 Cara Mudah Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu | embul | 4.5