5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar

5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar – Power bank merupakan media charging yang membantu kita dalam beberapa kondisi. Misalnya ketika perjalanan atau mati listrik yang membuat kita sulit menemukan stop kontak. Sayangnya power bank tergolong riskan dari kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena kesalahan kita dalam melakukan pengisiannya. Pengisian power bank yang tepat akan membuat kualitasnya lebih awet. Di dalam media tersebut terdapat baterai yang akan berkurang kualitasnya jika salah dalam metode pengisiannya. Misalnya dengan selalu overcharging, salah menetapkan daya, dsb.

5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar

Maka agar power bank tetap awet, pastikan anda mengecashnya secara benar. Kebanyakan power bank keluaran terbaru sudah memiliki fitur pemutus otomatis. Fitur tersebut akan memutuskan aliran daya jika pengisiannya sudah penuh. Hanya saja beberapa produk ada yang belum memiliki fitur tersebut. Kabel USB serta besaran aliran daya juga wajib anda perhatikan agar pengisian power bank berjalan lebih optimal. Nah berikut ini ulasan cara selengkapnya untuk mengecash power bank dengan benar.

Cara Mengecas Power Bank Yang Benar

  1. Cek lampu indikator

Pada umumnya sebuah power bank memiliki empat lampu LED. Lampu LED ini akan menunjukan kondisi power bank itu sendiri. Jika lampu indikatornya tinggal satu maka powerbank harus segera diisi. Jika lampu indikator masih menyala semua maka tidak perlu mengecash karena dayanya masih penuh. Dengan mengecek lampu indikator kita akan tahu waktu yang tepat untuk mengecash sehingga tidak terjadi istilah overcharging.

  1. Menggunakan stop kontak

Selalu charge dari sumber stop kontak untuk mengisi power bank. Pasalnya jika menggunakan media lain seperti laptop akan membuat aliran daya tidak stabil dan power bank akan sulit terisi penuh. Sambungkan port USB charger untuk menghubungkan power bank. Perhatikan waktu pengisian agar tidak terjadi overcharging.

  1. Charge di tempat yang aman
Baca juga  Tips Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Smartphone Android

Power bank termasuk dalam benda elektronik sehingga kondisi tempat di sekitarnya wajib anda perhatikan. Pastikan tempat untuk menyimpan atau mengechasnya tidak lembab atau terlalu terpapar sinar matahari. Meletakan power bank di area yang panas juga akan merusak komponen baterainya. Simpan dan isi daya power bank di ruangan yang suhunya normal agar power bank awet.

  1. Hindari charge berlebihan

Overcharging merupakan hal yang membuat power bank mudah rusak. Memang saat ini banyak produk yang sudah memiliki fitur pemutus arus otomatis jika pengisian sudah penuh. Namun jika power bank anda belum memiliki fitur tersebut, perhatikan waktu pengisiannya. Umumnya power bank dengan kapasitas 6.000 mAh memerlukan waktu 8 jam untuk diisi secara penuh. Anda bisa menggunakan alarm sebagai pengingat agar tidak terjadi overcharging.

  1. Kenali arus power bank

Jika power bank anda tercantum tulisan 1A maka konektor mampu mengantarkan arus sebesar 1 Ampere. Begitu pula dengan tulisan 2A yang memiliki arus 2 Ampere. Semakin besar arusnya maka pengisian daya lebih cepat. Jika power bank memiliki input 1A maka untuk menerima arusnya mesti memiliki kapasitas 1A juga. Hal ini akan memberikan kita kemudahan dalam menentukan seberapa lama pengisian dan memudahkan kita mengidentifikasi apakah power bank bisa diisi menggunakan media selain stop kontak atau sebaliknya.

Demikian beberapa cara untuk mengecash power bank yang benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar | embul | 4.5