5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error

5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error – Play Store merupakan aplikasi default dari android. meskipun masuk ke dalam aplikasi yang tidak bisa dihapus dan menjadi bawaan setiap ponsel, bukan berarti bebas dari error. Error pada Play Store yang dimaksud adalah tidak mampunya menginstall aplikasi. Masalah tidak bisa dibuka, sulitnya konek dengan internet, dan berbagai gangguan lainnya juga termasuk dalam hal yang wajib kita identifikasi. Karena kita tidak bisa menghapus aplikasi tersebut dan menginstallnya kembali, maka perbaikannya memerlukan trik khusus.

5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error

Play Store memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan aplikasi lain. Yakni memiliki data dan cache yang menumpuk. Kondisi demikian bisa menjadi penyebab masalah error. Selain itu, kinerja smartphone yang terlalu berat juga bisa berdampak pada errornya Play Store. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan cara mulai dari yang paling mudah untuk mengidentifikasi penyebab yang pasti. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi Google Play Store yang error.

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error

  1. Hapus cache Google Play Store

Error pada Play Store bisa disebabkan oleh menumpuknya cache di aplikasi tersebut. Maka membersihkan cache adalah solusi pertama yang bisa anda coba. Caranya masuk ke Setelan kemudian tekan Aplikasi. Cari aplikasi Google Play Store kemudian tekan pilihan Hapus Cache. Tunggu beberapa saat kemudian cobalah masuk ke Play Store dan cobalah mengunduh satu aplikasi.

  1. Hapus data Google Play Store

Menghapus data di Play Store bisa menjadi solusi lainnya jika hapus cache masih belum maksimal hasilnya. data yang dihapus meliputi gambar-gambar mini, akun dan berbagai data lainnya yang menumpuk pada aplikasi. Buka menu Setelan kemudian tekan Aplikasi. pilih Google Play dan tekan Hapus Data.

  1. Paksa berhenti

Jika Play Store masih mengalami error, bisa jadi kinerjanya terhambat karena aplikasi bekerja terlalu berat. Anda bisa mencoba melakukan Force Stop untuk meringankan kinerja aplikasi tersebut. Buka menu Setelan kemudian pilih Aplikasi. Cari opsi Google Play kemudian tekan Paksa Berhenti. Cobalah gunakan Play Store beberapa saat setelah melakukan cara tersebut.

  1. Hapus pembaruan

Kita tidak bisa melakukan install ulang aplikasi karena Play Store pada dasarnya merupakan aplikasi Default. Sebagai gantinya kita bisa menghapus pembaruan dari Play Store tersebut. Setelah dihapus pembaruannya, Play Store secara otomatis akan memperbarui sistemnya. Buka menu Setelan kemudian cari Aplikasi. Tekan menu Google Play kemudian tekan Hapus Pembaruan.

  1. Restart smartphone

Google Play Store yang error juga bisa disebabkan oleh perangkat yang menjalankan kerja cukup berat. Dengan me-restart smartphone, kerja sistem akan segar kembali dan bisa jadi Play Store akan normal seperti sediakala. Cobalah restart smartphone anda kemudian diamkan beberapa saat. Masuk ke Play Store dan cobalah download aplikasi seperti biasanya.

Demikian beberapa cara mengatasi Play Store error dengan cara-cara yang sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error | embul | 4.5