5 Alasan Mengapa Android Perlu Di root

5 Alasan Mengapa Android Perlu Di-root – Smartphone android didesain dengan membatasi penggunanya dalam melakukan akses penuh. Kita akan dibatasi secara default untuk menjelajahi fungsi android secara lebih leluasa. Namun belakangan banyak pengguna yang melakukan rooting android untuk lebih memanfaatkan fungsi dari smartphone tersebut. hanya saja ketika melakukan rooting, smartphone akan kehilangan garansi resmi. Belum lagi mudahnya terjangkit virus dari aplikasi-aplikasi tertentu. Namun di sisi lain, rooting juga memiliki banyak manfaat.

5 Alasan Mengapa Android Perlu Di root

Banyak yang belum tahu kelebihan ponsel yang sudah mengalami proses rooting. Berbeda dengan smartphone unroot, anda akan lebih mudah menghapus aplikasi bawaan. Selain itu dari segi pemilihan jenis aplikasi pun lebih leluasa. Rooting smartphone pun juga memudahkan kita melakukan berbagai hal lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone default pabrik. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk alasan smartphone android perlu di-root.

Alasan Mengapa Android Perlu Di-root

  1. Leluasa menghapus aplikasi bawaan

Smartphone yang sudah mengalami proses rooting mampu menghapus aplikasi bawaan. Beberapa smartphone memiliki aplikasi bawaan yang tergolong mengganggu. Aplikasi tersebut akan memenuhi ruang penyimpanan sehingga kita tidak bisa menginstall aplikasi lain secara mudah. dengan menghapus aplikasi bawaan, memori internal pun lebih lega dan kita bisa menambah aplikasi lain sesuka hati.

  1. Menghindari Wakelock

Wakelock merupakan kondisi smartphone yang menyala tiba-tiba karena aplikasi yang berjalan di background. RAM dan baterai pun lebih boros sehingga memengaruhi kinerja smartphone. Maka untuk menghindari hal tersebut, anda bisa melakukan rooting smartphone. setelah rooting, anda bisa menginstall Greenify yang membuat aplikasi tertentu akan dihibernasi secara otomatis.

  1. Hemat tombol power

Root android juga mampu menghemat penggunaan tombol power. Anda bisa mewujudkannya melalui install aplikasi Quick Reboot. Tombol power memiliki banyak fungsi lain. Jika terlalu sering digunakan maka akan berdampak pada kinerja nantinya. Maka dari itu anda bisa menghemat penggunaan tombol tersebut melalui aplikasi tersebtu yang notabene khusus untuk ponsel yang sudah di-rooting.

  1. Meningkatkan daya hidup baterai

Menghemat daya baterai sebenarnya bisa dilakukan meskipun tanpa melakukan rooting. Hanya saja proses penghematan lebih optimal dengan melalui proses rooting. Setelah melakukan rooting, kita bisa menginstall aplikasi penghemat baterai yang terkenal bagus. salah satunya Greenfy. Aplikasi ini juga mampu meng-efisienkan penggunaan daya dan sistem lewat hibernasi aplikasinya.

  1. Backup apapun secara leluasa

Backup data memang bisa dilakukan tanpa root. Namun bagi yang aktif bermain game atau menggunakan smartphone, melakukan backup otomatis sangat penting untuk menghindari smartphone dari hal yang tidak diinginkan. Setelah melakukan rooting, kita bisa menginstall aplikasi Titanium Backup. Aplikasi ini akan memudahkan kita mencadangkan data apapun secara leluasa, termasuk data game di smartphone.

Demikian beberapa alasan melakukan rooting smartphone android. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk anda.

 

5 Alasan Mengapa Android Perlu Di root | embul | 4.5