3 Solusi Mengatasi HP Vivo Lag Setelah Update Sistem

Diposting pada

Banyak yang tidak tahu kalau Vivo dan Oppo sebenarnya adalah perusahaan yang sama yaitu milik BBK Electronics. Baik Vivo maupun Oppo sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan yang akan saya bahas kali ini adalah HP Vivo lag atau lambat setelah update.

Kenapa hanya fokus di Vivo, padahal semua perangkat Android bisa mengalami masalah ini yaitu lag setelah update sistem? Alasannya karena saya melihat pembahasan dan pertanyaan seputar HP Vivo ada yang ngelag setelah diupdate.

Jadi saya tertarik untuk membahas Vivo walaupun ini sebenarnya lebih umum untuk semua perangkat Android. HP Android Vivo lag setelah update sistem bisa saja terjadi karena setiap update memiliki kelebihan dan kekurangan.

Umumnya, pembaruan menyelesaikan masalah di versi sebelumnya dan terkadang menambahkan fitur baru, mengubah fitur yang ada, atau bahkan menghapus fitur yang sebelumnya ada di versi sistem sebelumnya.

Masalahnya adalah setiap pembaruan akan membuat perangkat menjadi lebih lambat atau lag. Karena software selalu berkembang, walaupun semakin keren, semakin lama semakin sulit karena hardware tidak berkembang.

Update Funtouch OS membuat ponsel lemot, sebenarnya relatif layak pakai. Namun jika perangkat atau hardware pada ponsel anda sudah sangat tua, hal ini bisa dikatakan sangat wajar dan sebaiknya jangan selalu mengupdate jika ada update yang tersedia.

Untuk lebih detailnya saya akan langsung membahas penyebab dan solusi mengatasi vivo yang lag dan lemot setelah update sistem. Ingin menggunakan WhatsApp Web tapi akun WhatsApp tidak bisa terhubung ke WhatsApp Web? Anda bisa melihat artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.

Penyebab HP Vivo Lag dan Lambat Setelah Update

Seharusnya Tidak Diperbarui

Umumnya produsen ternama akan memberikan jaminan update sistem minimal 2 tahun. Apakah 2 tahun cukup? Untuk pengguna Vivo mid-end ke atas, 2 tahun terlalu sedikit, sedangkan untuk pengguna Vivo low-end, itu sudah lebih dari cukup.

Saran saya, sebelum memperbarui sistem Anda, Anda harus memperhatikan perangkat yang Anda miliki. Update OS tidak selalu baik dan tidak update OS tidak selalu buruk, jadi yang harus anda cari adalah dimana perangkat anda masih lancar untuk digunakan.

Ada bug

Tidak ada sistem yang aman dan tidak ada sistem yang sempurna sehingga bug adalah hal yang normal. HP Vivo lag setelah update bisa terjadi karena ada bug di versi terbaru. Apa yang perlu Anda lakukan? Saya menjawab tidak ada.

Umumnya banyak yang akan downgrade namun bagi pemula hal ini sangat beresiko. Saran terbaik dari saya adalah Anda gunakan saja dan tunggu pembaruan berikutnya karena jika banyak bug yang dilaporkan oleh pengguna, pengembang akan segera merilis versi perbaikannya.

Lakukan Hard Reset atau Kembali ke Pengaturan Pabrik

Terakhir, jika mengalami update Funtouch OS membuat ponsel lemot atau lemot, Anda bisa melakukan Hard Reset atau Return to Factory Setting. Selain membuat sistem lebih fresh, cara ini juga bisa menghapus sampah dan update sisa cache.

Saya pikir untuk perangkat saat ini, Android dan iOS telah dibuat sedemikian rupa sehingga Hard Reset tidak diperlukan. Namun jika Anda merasa ada fitur atau bagian yang terasa lag saat mengaksesnya, tidak salah untuk melakukan Hard Reset yang tentunya akan menghapus semua data yang ada.

Selain yang saya sebutkan tadi, ada beberapa penyebab minor yang bisa menyebabkan perangkat Android lag, tidak hanya di Vivo. Seperti Anda belum mencobanya selama 1 minggu, sinkronisasi otomatis aktif, layanan lokasi aktif, atau karena penyimpanan perangkat penuh.

Apapun masalahnya, selama Anda bisa mengidentifikasi penyebab Vivo lag setelah memperbarui sistem, Anda bisa mengatasinya. Misalnya setelah update, masalah lag, baterai boros, atau panas saat charging sudah normal.

Anda harus mencobanya minimal 1 minggu untuk mengetahui apakah HP Vivo lag karena memang ada bug atau karena memang sudah tidak stabil.

 

Gambar Gravatar
Hello & welcome to my blog! My name is Bella and I'm a 29-year-old independent blogger with a passion for sharing about tekno and lifestyle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *