Whatsapp Business dan Personal, Apa Bedanya?

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang sudah sangat dikenal oleh pengguna smartphone. Pengguna aktif aplikasi Whatsapp saat ini sekitar 1 miliar per harinya.

Whatsapp semakin melejit semenjak diakuisisi oleh perusahaan teknologi besar Facebook. Semenjak menjadi milik Facebook, Whatsapp sering mendapatkan pembaruan fitur yang terbukti semakin memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Baru-baru ini, Whatsapp juga mengeluarkan versi baru yang disebut dengan Whatsapp business. Versi tersebut dibuat untuk mendukung pengusaha dalam lini komunikasi kepada konsumen.

Target market aplikasi Whatsapp business bukan hanya perusahaan besar saja namun justru cenderung lebih kepada UKM.

Lalu apa saja yang membedakan antara Whatsapp business dengan yang versi personal? Cari tau lebih lanjut mengenai apa saja perbedaan 2 versi aplikasi Whatsapp tersebut di artikel ini.

6 Hal yang Membedakan Antara Whatsapp Business dan Personal

Whatsapp Business dan Personal, Apa Bedanya

Berbicara mengenai Whatsapp business, ada banyak sekali hal yang membedakan versi tersebut dengan versi personal yang selama ini sudah biasa kita gunakan untuk berkomunikasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan antara versi Whatsapp business dan personal:

1.     Logo aplikasi Whatsapp business berbeda dengan personal

Hal pertama yang bisa dengan mudah membedakan antara versi Whatsapp business dengan personal adalah logonya.

Logo aplikasi Whatsapp yang selama ini terkenal menggunakan gambar gagang telepon di dalam balon teks berwarna hijau itu tidak digunakan pada versi business.

Logo versi Whatsapp business menggunakan huruf B. Namun meskipun logonya sedikit berubah, Whatsapp versi business ini masih menggunakan mayoritas elemen dari logo Whatsapp original seperti halnya balon teks dan juga warna hijaunya.

2.     Adanya informasi lengkap mengenai bisnis pengguna

Selain logonya, Whatsapp business juga memiliki perbedaan dengan versi personal jika dilihat dari adanya informasi lengkap mengenai bisnis penggunanya.

Anda yang menggunakan aplikasi Whatsapp versi business ini diwajibkan untuk mengisi informasi lengkap mengenai usaha anda seperti nama usaha, bidang usaha anda, jam operasional usaha anda, dan bahkan alamat usaha anda berada.

Note: bagi anda yang ingin menggunakan Whatsapp business, perlu anda ketahui bahwa nama usaha yang sudah anda daftarkan di Whatsapp tidak akan bisa diganti.

3.     Adanya fitur untuk menambahkan nomor telepon dengan kode area

Sebuah usaha atau bisnis biasanya tidak hanya mengandalkan telepon genggam saja sebagai media komunikasinya. Biasanya, sebuah usaha atau bisnis juga memiliki telepon rumah atau telepon dengan kode area.

Whatsapp business juga mendukung penggunaan telepon dengan kode area tersebut. Jadi dalam aplikasi Whatsapp versi business, anda juga sekaligus bisa memudahkan konsumen untuk menghubungi anda melalui telepon rumah.

4.     Adanya fitur auto reply

Hal yang paling perlu diperhatikan oleh pengusaha memang adalah komunikasi dengan konsumen maupun calon konsumen.

Whatsapp business juga berhasil mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan menyediakan fitur auto reply yang jauh lebih baik dibandingkan fitur auto reply yang pernah ada.

Anda bisa mengatur berbagai macam jawaban otomatis yang akan dikirimkan kepada konsumen anda. Setiap jawaban otomatis tersebut akan digunakan oleh Whatsapp untuk membalas pertanyaan dari konsumen sesuai dengan keyword tertentu.

Dengan adanya fitur ini, jelas komunikasi anda dengan konsumen atau calon konsumen akan menjadi semakin efektif dan tidak terkesan seperti anda sedang menggunakan auto reply.

5.     Statistik lengkap mengenai pesan diterima dan terkirim

Sebuah bisnis kecil maupun besar pasti membutuhkan laporan statistik untuk bisa mengukur seberapa banyak orang yang sudah mengenal usaha atau bisnis tersebut.

Statistik juga termasuk sebagai salah satu fitur yang membedakan antara Whatsapp business dengan versi personal.

Jika anda menggunakan Whatsapp versi business, anda bisa dengan mudah mengetahui berapa banyak pesan yang dikirim dan diterima pada nomor ponsel yang anda daftarkan untuk menggunakan Whatsapp business.

6.     Adanya badge verifikasi khusus dari Whatsapp

Whatsapp business juga memberikan badge khusus bagi penggunanya. Bagi yang menggunakan Whatsapp versi business dan sudah diverifikasi oleh Whatsapp, anda akan mendapatkan badge khusus berbentuk centang warna hijau yang ditampilkan di samping profile picture.

Apa fungsi dari badge khusus tersebut? badge khusus berbentuk centang warna hijau tersebut memudahkan pengguna untuk membedakan mana Whatsapp personal dan business.

Selain digunakan untuk membedakan kedua versi Whatsapp, badge khusus tersebut juga secara tidak langsung berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas usaha atau bisnis anda di mata calon konsumen.

Pasalnya, anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan badge khusus dari Whatsapp tersebut.

Bagaimana? Sudah paham bukan mengenai apa saja yang membedakan antara Whatsapp business dengan personal? Jika anda juga sedang mengembangkan usaha, ada baiknya segera gunakan Whatsapp business untuk meningkatkan brand awareness dan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi anda.

Whatsapp Business dan Personal, Apa Bedanya? | embul | 4.5