Ok Google di Smartphone Bermasalah? Mungkin Ini Penyebabnya

Ok Google adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google. Hampir semua smartphone berbasis sistem operasi Android terbaru sudah bisa menggunakan fitur asisten virtual dari Google ini.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna dari fitur Ok Google di dalam smartphone. Beberapa contoh kelebihan dari fitur canggih tersebut adalah seperti memudahkan dalam melakukan pencarian informasi tertentu menggunakan Google search dan juga meningkatkan efisiensi anda dalam melakukan banyak tugas sekaligus menggunakan smartphone.

Karena fungsi dari Ok Google cukup bermanfaat, tidak heran jika sudah banyak orang yang menggunakan fitur tersebut. Masalahnya, fitur Ok Google tersebut memang belum bisa dikatakan sempurna.

 

penyebab feature ok google bermasalah

Terkadang fitur asisten virtual milik Google tersebut juga bisa mengalami malfungsi. Jika anda juga sering menggunakan fitur Ok Google dan tiba-tiba saja fitur tersebut tidak berfungsi seperti biasanya, jangan panik terlebih dahulu karena malfungsi pada fitur asisten virtual Google tersebut bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah.

Mau tau lebih lanjut bagaimana cara mengatasi fitur Ok Google yang bermasalah? Cari tau lebih lanjut mengenai penyebabnya terlebih dahulu di artikel ini.

3 Penyebab Utama Kenapa Fitur Ok Google Tidak Bisa Berfungsi Secara Normal

Jika smartphone anda tiba-tiba tidak bisa menjalankan fitur Ok Google seperti semula, kemungkinan hal tersebut bisa disebabkan karena 5 hal ini:

1.     Microphone tidak berfungsi

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya fitur Ok Google di smartphone adalah karena microphone tidak bisa menangkap suara dengan baik.

Ada banyak sekali penyebab kenapa microphone sampai tidak bisa menangkap suara dengan baik. Selain memang sudah rusak, kebanyakan smartphone yang tidak bisa menjalankan fitur Ok Google dengan normal lebih sering disebabkan karena microphone tertutup dengan debu.

Solusinya? Jika memang tiba-tiba fitur Ok Google tidak bisa berfungsi, sebaiknya bersihkan bagian microphone di smartphone anda. kemungkinan besar fitur Ok Google tidak bisa berfungsi karena input suara sama sekali tidak diterima oleh sistem karena microphone tertutup debu atau kotoran.

2.     Pengaturan bahasa di sistem android salah

Selain karena microphone yang tidak bisa berfungsi secara optimal, fitur Ok Google juga bisa mengalami malfungsi dikarenakan pengaturan bahasa di sistem Android yang tidak tepat.

Ketika pengaturan bahasa di sistem Android smartphone anda tidak tepat, fitur Ok Google tidak akan mengenali perintah suara anda.

Oleh sebab itu, jika tiba-tiba fitur Ok Google di smartphone anda tidak berfungsi, coba cek kembali pengaturan bahasa di smartphone anda. Pastikan bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

3.     Adanya fitur asisten virtual lain di dalam smartphone

Fitur Ok Google juga bisa mengalami malfungsi ketika di dalam smartphone anda terdapat lebih dari satu fitur asisten virtual.

Masalah malfungsi fitur asisten virtual dari Google ini sangat sering terjadi pada smartphone Samsung yang sudah dibekali dengan fitur asisten virtual Bixby.

Jika anda memang ingin menggunakan fitur Ok Google bawaan dari sistem Android, matikan fitur asisten virtual dari Samsung yang bernama bixby.

2 fitur asisten virtual tersebut tidak bisa dijalankan secara bersamaan karena berpotensi menyebabkan crash pada sistem operasi Android di smartphone anda.

Solusi Mengatasi Fitur Ok Google yang Tidak Berfungsi Paling Efektif

Ya, biasanya masalah fitur Ok Google yang tidak bisa berfungsi secara optimal atau bahkan mengalami malfungsi sudah bisa diatasi dengan mengatasi 3 penyebabnya yang sudah dibahas sebelumnya.

Namun jika anda sudah mengatasi 3 hal yang biasa menjadi penyebab fitur Ok Google mengalami malfungsi dan masih belum ada efeknya, maka masih ada satu solusi terakhir yang bisa anda coba lakukan.

Solusi terakhir untuk mengatasi masalah fitur Ok Google yang tidak bisa berfungsi adalah dengan cara melakukan reset fitur asisten virtual tersebut secara manual.

Untuk melakukan reset fitur Ok Google secara manual, anda hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan, lalu pilih opsi search. Pilih kembali opsi voice dan pilih menu Ok Google detection.

Setelah masuk kedalam menu Ok Google detection, selanjutnya centang fitur tersebut. setelah itu, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah untuk reset fitur asisten virtual tersebut ke pengaturan semula.

Mayoritas smartphone yang mengalami masalah pada penggunaan fitur Ok Google biasanya bisa dengan mudah diatasi dengan cara ini.

Bagaimana dengan anda? Apakah solusi tersebut juga bisa membantu mengembalikan fungsi dari fitur Ok Google di smartphone anda?

 

 

Ok Google di Smartphone Bermasalah? Mungkin Ini Penyebabnya | Bayu ajie | 4.5