Cara Mengembalikan Nomor IMEI Hilang di Android

Cara Mengembalikan Nomor IMEI Hilang di Android – IMEI yang terdapat di ponsel android memang memiliki peran penting, yakni menerima sinyal atau jaringan yang tersedia. Oleh karena itu, bila kita sampai kehilangan satu atau beberapa nomor IMEI tersebut, tentunya kita tidak bisa menggunakan smartphone untuk mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, apalagi membuka internet. Nah, untuk mengatasi permasalahan di atas, silahkan simak beberapa cara mengembalikan nomor IMEI yang akan kami berikut ini. Cara Mengembalikan Nomor IMEI Hilang di Android

Baca juga :

Tips Mudah Mengembalikan Nomor IMEI Dengan Aplikasi

  1. Menggunakan aplikasi Mtk Engineering Mode

Cara mengembalikan nomor IMEI yang hilang bisa anda lakukan dengan menggunakan Mtk Engineering Mode. Langkah-langkahnya juga tergolong cukup mudah, yakni anda hanya perlu masuk terlebih dahulu ke dalam Mtk Engineering Mode dari nomor dial *#*#3646633#. Namun jika anda tidak bisa melakukan panggilan tersebut, anda bisa menginstal aplikasi Mtk Engineering Mode melalui google play store dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi google play store, lalu cari Mtk Engineering Mode di kolom pencarian. Bila hasilnya sudah keluar dan anda menemukan aplikasi Mtk Engineering Mode, silahkan tekan tombol instal atau pasang. Kemudian tunggu sampai proses pengunduhannya selesai.
  • Setelah berhasil memasang aplikasi tersebut di ponsel android anda, jalankan Mtk Engineering Mode hingga muncul halaman awalnya dan anda bisa melihat tampilan “Mtk Setting”.
  • Jika sudah, tekan menu Mtk Setting. Lalu pada bagian Connectivity anda bisa mengeklik CDS Information.
  • Step selanjutnya, pilih Radio Information. Jika anda menggunakan dua nomor sekaligus, berarti nanti akan muncul 2 pilihan berupa Phone 1 dan Phone 2. Namun bila anda hanya memakai satu nomor saja, maka anda hanya perlu memilih phone 1.
  • Setelah itu, pada kolom yang tersedia silahkan ketik tulisan berikut ini AT+EGMR=1, 7, (Isi nomor IMEI SIM 1 di sini). Bila sudah tekan tombol SEND AT COMMAND.
  • Pada Sim 2, anda juga bisa melakukan hal serupa seperti langkah yang sudah dijelaskan di atas.
  • Bila percobaan ini berhasil, nanti anda akan menerima notif pemberitahuan berupa “AT command is sent”.
  • Setelah itu anda bisa me-restart ponsel anda. Kemudian setelah menyala cek kode IMEI melalui dial *#06A#. Atau anda juga bisa melakukan proses pengecekan dari menu pengaturan. Caranya buka menu tersebut, lalu klik pada bagian Tentang Ponsel, kemudian pilih status/info.
  1. Alternatif ke 2 dengan memakai Chamelephone

Alternatif ke 2 agar bisa mengembalikan nomor IMEI yang hilang juga tergolong simple dan mudah, yakni dengan mengunakan aplikasi Chamelephone. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan baca langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama cari dan pasang aplikasi bernama Chamelephone di google play store. Sama seperti Mtk Engineering Mode, aplikasi ini juga bisa anda dapatkan secara gratis.
  • Bila proses penginstalan sudah selesai, bukalah aplikasi yang sudah terpasang di ponsel android anda. Setelah itu ketikan nomor IMEI lalu pilih Apply New IMEI’s.
  • Jika langkah di atas berhasil, pada layar ponsel akan muncul notif yang bunyinya seperti berikut: “The IMEI Number Will Be Changed After Device Restart”
  • Setelah itu, silahkan restart ponsel dan tunggu hingga menyala kembali.
  • Bila sudah menyala, anda bisa mengecek nomor IMEI di dial *#06A#. Atau dengan membuka menu pengaturan, kemudian klik pada bagian Tentang Ponsel, lalu pilihkah status/info.

Demikian pembahasan mengenai dua cara mengembalikan nomor IMEI yang hilang. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan para membaca semua. Selamat mencoba!

Cara Mengembalikan Nomor IMEI Hilang di Android | embul | 4.5