Cara Jitu Menambah Memori Internal Di Android Terbaru

Cara Jitu Menambah Memori Internal Di Android Terbaru – Anda termasuk penggila berat game atau pecandu media sosial? Rasanya meski smartphone Anda sudah dibekali dengan memori bawaan sebesar 32 GB sekalipun, rasanya tetap saja kurang. Belum lagi jika Anda sering menyimpan file multimedia lain seperti musik, foto maupun video.

Berapa Memori Internal Yang Ideal?

Kapasitas memori internal pada smartphone yang ideal sebenarnya relatif, artinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda menginstall sebuah aplikasi media sosial ataupun game, semakin sering Anda membuka atau memainkannya maka ukurannya pun akan semakin bertambah besar. Hal ini yang akan sangat memakan kapasitas memori internal.

Cara Jitu Menambah Memori Internal Di Android Terbaru

 

Jika demikian adanya, maka Anda perlu smartphone dengan memori internal paling tidak 64GB. Itupun harganya tentu tidak murah. Tenang saja, ada beberapa cara menambah memory internal secara aman yang bisa Anda gunakan untuk menyiasati hal tersebut.

Baca juga :

Cara Menambah Memory Internal pada Smartphone Android

Selain menggunakan memori eksternal yang berkapasitas besar, Anda juga masih punya alternatif lain untuk menambah kapasitas penyimpanan dalam smartphone Anda.

Caranya pun mudah dan aman.

  • Manfaatkan Fitur Adoptable Storage.

Salah satu fitur canggih dalam Android Marshmallow yang belum banyak diketahui orang adalah Adoptable Storage. Sistem dari fitur ini adalah dengan ‘mengadaptasikan’ memori eksternal menjadi memori internal pada smartphone Anda. Fitur ini masih baru karena pada versi Android yang sebelum-sebelumnya tidak ditemukan fitur yang sedemikian rupa. Untuk dapat menikmati fitur ini, Anda juga tidak perlu melakukan root terlebih dahulu.

  • Backup pada Google Photos.

Bagi Anda si penggemar fotografi dengan kamera smartphone, tentu wajar jika jumlah foto dalam galeri Anda mencapai ribuan. Foto maupun video yang Anda abadikan melalui smartphone Anda cukup menyita ruang penyimpanan. Sehingga dengan memanfaatkan Google Photos, bisa menjadi alternatif cara menambah memory internal.

Selama akun Google Anda aman, maka foto dan video yang Anda simpan juga tetap aman tanpa perlu takut terhapus seperti jika masih berada di dalam penyimpanan internal ponsel.

  • Gunakan Google Drive.

Jika Google Photos hanya digunakan untuk mem-backup foto dan video yang ada pada memori internal Anda, maka Google Drive dapat mem-backup semua file multimedia Anda mulai dari foto, video, dokumen hingga lagu. Tenang saja, kapasitas Google Drive bisa mencapai 15 GB. Kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan banyak file.

Selain itu, untuk mengakses Google Drive juga tidak sulit, Anda bisa dengan leluasa melakukannya langsung dari perangkat smartphone Anda.

  • Gunakan Aplikasi Mega.

Bagi Anda yang sering menyimpan file atau dokumen penting dalam smartphone Anda, Anda barangkali akan membutuhkan aplikasi satu ini. Aplikasi bernama Mega ini bisa jadi memori tambahan pada smartphone Anda. Kapasitas yang ditawarkan pun cukup besar, yakni mencapai 50 GB dan gratis! Jangan khawatir, Mega sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi yang ketat sehingga data-data Anda dijamin aman.

  • Flashdisk OTG.

Jika Anda malas melakukan backup data-data di smartphone Anda pada komputer, hardisk eksternal maupun USB flashdisk maka cara menambah memory internal lainnya adalah dengan menggunakan flashdisk OTG. Flashdisk OTG ini merupakan flashdisk yang dipasangkan langsung pada smartphone. Sayangnya, harga flashdisk OTG terbilang masih cukup mahal.

Itu dia tadi 5 cara menambah memory internal pada perangkat smartphone Anda. Jika memang masih memungkinkan untuk menggunakan penyimpanan eksternal atau Micro SD, maka jangan ragu memanfaatkannya. Gunakan micro SD yang berkapasitas cukup besar, setidaknya 64 GB atau 128 GB.

Incoming search terms:

  • cara hack menambah memori internal
  • cara menambah memori internal
Cara Jitu Menambah Memori Internal Di Android Terbaru | embul | 4.5