3 Cara Jitu Menambah RAM Laptop Tanpa Software

3 Cara Jitu Menambah RAM Laptop Tanpa SoftwareBanyak sebab ketika laptop, PC atau komputer mengalami hang, loading atau performanya berkurang. Salah satu penyebabnya adalah karena RAM laptop yang kecil sedangkan aplikasi yang di install banyak dan berat. Itu sangat akan berpengaruh terhadap komputer atau laptop anda pada saat anda menjalankan atau menghidupkan laptop anda. Di bawah ada beberapa cara menambah RAM pada laptop yang bisa dilakukan tanpa harus menghubungi operator.

Tips Menambah Ram Pada Laptop

Baca juga :

Advertisement
  1. Advanced System Settings (RAM Virtual)

Cara yang pertama adalah dengan menyeting komputer anda. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke properties komputer anda. Di sana anda bisa melihat berapa besar RAM yang terinstall pada komputer anda dan spesifikasi lainnya tentang komputer anda. Pada sisi kiri atas (jika di windows 7) ada empat pilihan yaitu : a) Device Manager; b) Remotte Settings; c) System Protection; d) Advanced System Settings.

3 Cara Jitu Menambah RAM Laptop Tanpa Software

Anda klik saja di pilihan Advanced System setting jika anda ingin menambah RAM pada laptop anda. Setelah itu pada kotak Performans anda klik settings, sebelum itu pastikan anda ada di tools Advance. Jika sudah maka akan muncul Performance Options klik pada tools bagian Advance, lalu di bagian kotak yang bertuliskan Virtual Memory anda klik change.

Hilangkan tanda centang di kotak ‘Automatically manage paging file size for all drives’. Jika sudah pada bagian costume size akan bisa di klik. Sebelum itu anda harus membaca terlebih dahulu ruang atau memori yang masih tersedia pada masing masing drive. Saya sarankan untuk memilih drive yang ruangnya masih kosong. Tetapi itu balik lagi kepada anda yang akanmenyeting komputer anda seperti yang anda inginkan.

Pada costume size terdapat Initial Size dan Maximum Size. Pada Initial Size anda isikan saja 4000 dan pada Maximum Size anda isikan dengan 8000. Setelah itu klik oke dan secara otomatis drive yang anda pilih akan menjadi RAM Virtual komputer anda. Setelah semua itu dilakukan anda perlu me-restart komputer anda agar performance komputer anda meningkat. Tetapi perlu dipahami di sini bahwa cara yang satu ini hanya untuk meningkatkan performance dengan cara memakai drive yang ada di komputer anda sebagai RAM Virtual saja.

Bagaimana jika drive yang ada di komputer anda sudah terisi penuh dan tidak memungkinkan untuk dijadikan RAM Virtual? Masih ada cara lainnya untuk menambah RAM pada laptop anda. Cara yang lainnya adalah menjadikan Flashdisk yang anda punya sebagai RAM Virtual komputer anda. Langkah langkahnya ada di nomor dua.

  1. ReadyBoost dengan Flashdiks (RAM Virtual)

Untuk cara ini anda harus mempunyai Flashdisk dengan besar ruang yang anda inginkan. Untuk memulainya pastikan Flashdisk anda terpasang dengan benar di laptop anda agar tidak terjadi error pada saat ReadyBoost dijalankan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke windows explorer untuk melihat berapa besar ruang Flashdisk anda yang bisa digunakan sebagai RAM Virtual nantinya.

Saya sarankan untuk menggunakan Flashdisk yang kosong agar performance yang didapatkan nanti akan lebih maksimal, tetapi jika Flashdisk anda terdapat beberapa file itu tidak menjadi masalah. Hanya nanti di settings jangan menuliskan jumlah ruangsebesar Flashdisk anda tetapi tulislah seberapa besar ruang yang masih tersedia. Jangan pula menuliskan jumlah ruang yang mepet. Misalkan Flashdisk anda mempunyai total ruang kosong 5GB di settings jangan menuliskan 5GB tapi tulislah di bawah jumlah itu, misalkan 4700MB atau sama dengan 4.7GB.

Langkah selanjutnya yaitu buka Properties dari Flashdisk anda. Klik tools yang bertuliskan ReadyBoost lalu di sana terdapat tiga pilihan yaitu : a) Do not use this device; b) Dedicate this device to ReadyBoost; dan c) Use this device. Anda klik saja ‘Use this device’ dan di bawah anda harus menuliskan berapa giga ruang yang akan dijadikan RAM Virtual. Perlu diingat perbedaan tipe Flashdisk dan tipe laptop akan memengaruhi berapa besar ruang yang bisa digunakan untuk RAM Virtual.

Ada yang maksimalnya hanya 4GB  saja ada pula yang sampai 15GB. Jadi anda perlu memastikan jenis dan tipe Flashdisk juga jenis dan tipe laptop anda agar tidak terjadi error pada laptop. Cara menambah RAM pada laptop yang pertama dan ke dua adalah hanya untuk RAM Virtual saja. Jadi pada control panel jumlah RAM tidak akan naik, tetapi performance komputer andalah yang meningkat. Masih ada satu cara lagi untuk menambah RAM. Tetapi cara yang satu ini bukan RAM Virtual tetapi RAM yang sebenarnya. Langkah langkahnya ada di nomor 3.

  1. Menambah RAM pada Laptop

Cara yang satu ini tidak berhubungan dengan settings atau ReadyBoost. Dan untuk melakukan cara yang satu ini anda perlu hati hati karena anda perlu membuka bagian dalam laptop anda. Sebelumnya anda harus membeli RAM yang akan anda tambahkan di laptop anda. Sebelum membeli RAM pastikan RAM tersebut sudah sesuai dengan laptop anda.

Caranya sederhana saja, pertama anda harus mencabut segala aliran listrik yang mengalir ke laptop anda. Jika baterai laptop anda baterai terpisah maka hanya perlu mencopotnya saja. Jika baterainya baterai tanam anda harus membuka baud baud komputer anda terlebih dahulu dan jangan menyentuh apapun sebelum kabel baterai anda dicabut. Ini perlu dilakukan agar terhindar dari sengatan listrik.

Setelah selesai anda cari tempat RAM diletakkan. Jika sudah ditemukan anda tinggal memasukkan saja RAM yang sudah anda beli dan pastikan pada saat memasang RAM itu terdengan bunyi ‘klik’ yang menunjukkan bahwa RAM terpasang dengan baik. Pada tempat RAM di tempatkan, jika anda melihat slot kosong tinggal dimasukkan saja RAM barunya. Jika tidak anda harus mengganti RAM yang sebelumnya dengan yang baru. Jadi sebelum anda membeli RAM pastikan dahulu berapa besar RAM yang anda perlukan. Mungkin itu saja ulasan yang kami berikan untuk anda, selamat mencoba.

3 Cara Jitu Menambah RAM Laptop Tanpa Software | embul | 4.5