2 Cara Jitu Upgrade OS Android Versi Baru yang Benar

2 Cara Jitu Upgrade OS Android Versi Baru yang Benar – Perusahaan raksasa Google selaku pemilik sah android selalu mengupdate operating system (OS) android untuk meningkatkan performa sistem operasi tersebut. Hal ini bertujuan agar pengguna smartphone berbasis android selalu merasa puas dengan performa ponsel yang digunakan.

Fitur-fitur terbaru yang lebih canggih serta peningkatan sistem keamanan dan yang lainnya selalu dihadirkan untuk kenyamanan penggunanya. Untuk itu, idealnya Anda selalu mengupgrade OS android pada smartphone Anda jika telah tersedia versi upgradenya. Mau tahu bagaimana cara upgrade OS android? Simak yuk!

2 Cara Jitu Upgrade OS Android Versi Baru yang Benar

Baca juga :

Cara Upgrade OS Android Terbaru & Terbaik

Sebelum melakukan upgrade OS, sebaiknya ketahui terlebih dahulu versi OS android yang terpasang pada smartphone Anda. Caranya dengan masuk ke menu Setting > About Device. Disitu akan terlihat nama perangkat, nomor model, serta versi android.

Adapun saat ini, versi OS android terbaru adalah android 7.1.2 Nougat yang dirilis pada April 2017. Sedangkan OS android yang akan datang, Google akan merilis versi android terbaru yang dinamai Oreo 8.0.

Cara Upgrade OS Android Secara Otomatis

Untuk memudahkan penggunanya, Google telah menyediakan fitur update otomatis pada perangkat android. Jika Anda mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda akan memperoleh notifikasi apabila terdapat versi OS terbaru. Dengan begitu, upgrading OS android akan lebih mudah.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat masuk ke menu Setting > About Device > Software Update. Selanjutnya Anda akan menjumpai 3 menu berikut ini:

  • Update, yang akan melakukan pengecekan terhadap update OS terbaru. Aktifkan menu ini untuk mengetahui update OS paling anyar.
  • Auto Update, jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka OS android Anda akan langsung terupdate jika terdapat versi terbaru. Versi OS terbaru akan secara otomatis terdownload dan terinstall di perangkat Anda.
  • Wi-Fi Only, dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengehmat kuota internet karena perangkat hanya akan melakukan update OS jika tersambung jaringan Wi-Fi.

Untuk menggunakan fitur Update dan Auto Update, pastikan agar smartphone Anda dalam kondisi belum diroot. Anda dapat memilih satu dari tiga pilihan di atas sesuai kebutuhan. Cara upgrade OS android ini sangat mudah, bukan?

Cara Upgrade OS Android Secara Manual

Selain cara otomatis, upgrading OS android juga bisa dilakukan secara manual. Namun, Anda perlu menyediakan beberapa tools terlebih dahulu. Nah, berikut cara upgrade OS android secara manual yang bisa anda coba.

  • Pertama, download OS android terbaru yang diingikan. Pastikan OS tersebut sesuai dengan tipe smartphone Anda, artinya tidak akan memberatkan kinerja smartphone saat sudah terpasang.
  • Sebelum melakukan upgrading, back up semua file Anda termasuk foto, video, musik, serta file penting lainnya ke memori card atau PC/laptop. Hal ini untuk menghindari hal-al yang tak diinginkan seperti hilangnya file penting.
  • Download ODIN tool versi terbaru. Tool ini berfungsi untuk melakukan flashing ROM atau instalasi OS. Tool ODIN ini bisa digunakan untuk perangkat Samsung Galaxy.
  • Selanjutnya, sambungkan smartphone Anda dengan PC menggunakan kabel USB. Jika sudah terhubung, akan muncul tulisan ID:COM.
  • Berikutnya, klik tombol BL lalu pilihlah file OS android yang sudah Anda download sebelumnya. Selanjutnya klik Start untuk menginstall. Jika proses instalasi sudah sukses, perangkat android Anda akan restarting secara otomatis.

Baca juga :

Demikian diatas beberapa cara upgrade OS android terbaru & terbaik ini, baik secara otomatis maupun manual. Sesuaikan penggunaan OS android dengan kebutuhan Anda dan spesifikasi yang mendukung perangkat smartphone kesayagan Anda. Semoga bermanfaat.

2 Cara Jitu Upgrade OS Android Versi Baru yang Benar | embul | 4.5